Dua Anggota Kelompok Penodong Kendaraan, Roboh Diterjang Timah Panas

Zulkarnain Harahap
Zulkarnain Harahap

Dua Anggota Kelompok Penodong Kendaraan, Roboh Diterjang Timah Panas Senjata tajam yang digunakan kelompok pencuri/Dokumentasi Polres Jakarta Utara

WinNetNews.com - Melawan petugas dengan menggunakan senjata tajam saat hendak ditangkap, dua dari tujuh pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) mesti ditembak. Mereka merupakan komplotan yang telah melakukan aksi sebanyak 70 kali di wilayah Cilincing, Jakarta Utara

Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol. Dwiyono mengatakan, dua pelaku yang tewas ditembak mati tersebut yakni, M (27) dan D (24) sedangkan AL (19), AS (24) dan EW (22) dilumpuhkan dengan menembak kakinya, dan 2 orang lainnya menyerah tanpa perlawanan adalah EN (22) dan EG (25).

“Dua tersangka dilakukan tindakan tegas karena berupaya melawan petugas dengan menggunakan senjata tajam oleh sebab itu Polri melakukan tindakan tegas," kata Kapolres dalam keterangan resminya, Kamis (10/08/2017).

Kapolres melanjutkan, tujuh pelaku yang disebut-sebut sebagai kelompok badboys ini tidak tidak segan-segan untuk melukai korbannya. Dalam aksinya mereka kerap menyasar para pengendara mobil mewah yang dikemudikan atau berpenumpang perempuan dan seorang diri. Terakhir kali para pelaku ini melakukan aksinya di Jalan Raya Cilincing yang saat itu sebuah mobil yang dikemudikan seorang ibu dan anaknya.

“Para pelaku melakukan aksinya dijalan Raya Cilincing, diatas tol pada saat macet, terutama korbannya yang diincar antara lain pengendara wanita maupun pengendara seorang diri” jelas Kapolres.

Sementara itu, Kapolsek Cilincing Kompol Ali Zusron menambahkan, para pelaku ini telah beraksi diwilayah Cilincing lebih dari 70 kali, seperti diatas jalan tol Cilincing, Jalan Arteri Marunda serta wilayah Cakung Jakarta Timur.

“Saat menjalankan aksinya mereka menodong korbannya menggunakan sajam dan bila melawan pelaku akan melukai korbannya,” kata Kapolsek.

Dari para pelaku ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 buah pedang, 1 buah pisau, 2 bilah celurit, 3 unit sepeda motor, 2 buah handphone hasil kejahatan, 4 buah masker penutup muka dan 3 buah sweater.

Untuk menghindari hal yang serupa Kapolsek Cilincing menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi roda 4 dan roda 2 untuk selalu berhati-hati dan lebih waspada terutama saat terjadi kemacetan, jangan mudah membuka kaca mobil saat di jalan.

Atas perbuatannya para pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHPidana tentang Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman diatas 12 tahun penjara.

Apa Reaksi Kamu?