Dua Hal Mudah Menghemat Penggunaan Listrik
Foto: via ecoticias.com

Dua Hal Mudah Menghemat Penggunaan Listrik

Jumat, 17 Jan 2020 | 16:25 | Frishca

Winnetnews.com - Listrik merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia. Hampir semua akitivitas kita sehari- hari bergantung pada sumber energi listrik. Namun, tahukah Anda penggunaan listrik yang berlebihan akan mempengaruhi lingkungan sekitar? 

Penggunaan listrik di Indonesia, khususnya di Jakarta mengalami peningkatan setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk yang ada. Berdasarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kapasitas pembangkit listrik di Indonesia diperkirakan masih bersumber dari energi fosil yang mendominasi yaitu: bahan bakar minyak, gas dan batu bara. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kenaikkan harga bahan bakar minyak bumi dan gas bumi.

Pada situasi demikian, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah menghemat penggunaan listrik. Upaya penghematan listrik terkesan mudah dan sepele, namun banyak orang seringkali mengabaikan hal tersebut dan menganggap sumber energi listrik tidak akan pernah habis.

Mengapa upaya penghematan listrik sangat penting? Hal ini tak hanya bisa menghemat tagihan listrik bulanan, tapi bisa juga memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dengan berkurangnya jumlah emisi yang dihasilkan saat energi digunakan. 

Ada dua hal mudah yang dapat kita lakukan untuk menghemat listrik, yaitu: dengan mematikan listrik dan mencabut steker/ kabel dari stop kontak. 

Seringkali kita lupa untuk mencabut steker terutama pada penggunaan listrik untuk mengisi daya alat- alat elektronik. Ada baiknya mencabut steker dari stop kontak, karena steker/ kabel yang masih tercolok pada stop kontak masih terdapat kumparan arus listrik sehingga tanpa kita ketahui ternyata aliran tersebut masih akan mengonsumsi energi listrik. Oleh karena itu, selain mematikan listrik kita juga harus ingat untuk mencabut steker pada stop kontak. 

Dua hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan bukan? Mulailah menghemat penggunaan listrik dimanapun kalian berada agar lingkungan kita tetap sehat. (*)

 


--------------------
Frishca adalah mahasiswi London School of Public Relations Jakarta.
*) Opini penulis dalam artikel ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi Winnetnews.com.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...