Dua Hari Dibuka, Posko Darurat Aparat Sudah Terima 17 Laporan

Zaenal Arifin
Zaenal Arifin

Dua Hari Dibuka, Posko Darurat Aparat Sudah Terima 17 Laporan
 Jakarta, Winnetnews.com -  Posko Darurat Bongkar Aparat yang dibentuk oleh Kontras, sudah menerima sebanyak 17 berkas laporan. Padahal, posko tersebut baru dua hari dibentuk, yakni pada 5 Agustus 2016.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin (8/8/2016), Kontras mengaku telah mendapatkan 17 berkas laporan dari individu-individu yang ingin menggugat praktik buruk perlakuan aparat, utamanya kepolisian atas penanganan hukum pada kasus narkotika.

Tim Posko Darurat Bongkar Aparat sekali lagi menegaskan bahwa adalah mutlak untuk melindungi identitas dari setiap pelapor. Kerahasiaan identitas menjadi salah satu prinsip kerja dari Posko Darurat ini agar semua pelaporan tetap berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip HAM dan imparsialitas dari seluruh organisasi dalam menerima berkas laporan.

Karakteristik pengaduan dapat dilihat dari beberapa variabel, yakni kronologi peristiwa, tahun peristiwa, wilayah terjadi peristiwa, institusi terkait, jenis tindakan, dan kelengkapan bukti.

Dari ke-17 laporan di atas, Kontras menemukan setidaknya empat wilayah utama yang dominan dilaporkan, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jambi, dan Sumatera Utara.

Saat ini, tim Posko Darurat masih menerima berkas-berkas pengaduan dari masyarakat yang diproses oleh tim data dan analis dan Kontras mengucapkan terima kasih atas kepercayaan publik tersebut.

Segala hasil, termasuk di dalamnya analisis berkas, catatan variabel akan digunakan untuk memberikan rekomendasi konstruktif kepada lembaga-lembaga penegak hukum dan keamanan terkait.

Apa Reaksi Kamu?