Dua Kali Pertemuan OPEC Gagal Hasilkan Solusi

Dua Kali Pertemuan OPEC Gagal Hasilkan Solusi

Senin, 6 Jun 2016 | 09:22 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Sudah dua kali OPEC gagal menetapkan kuota produksi minyak. Pertemuan yang dilangsungkan selama empat jam, akhirnya para menteri minyak OPEC gagal menyepakati batas produksi dan memutuskan untuk bertemu lagi di Wina pada 30 November.

Menurut laporan, Iran ingin paling tidak pagu produksi minyaknya berada sebelum mereka terkena sanksi, sementara negara-negara anggota lainnya berpegang pada kuota yang berbeda. Namun, Arab Saudi tidak menyetujui caping tersebut. "Tanpa kuota, OPEC tidak bisa mengendalikan apa-apa," ungkap Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh.

Produksi minyak Iran saat ini 3,56 juta barel per hari mendekati produksi pra-sanksi 3,70 juta barel per hari. Arab Saudi, produsen minyak terkemuka di OPEC, akan melanjutkan kebijakan strategi harga minyak rendah.

OPEC menghasilkan sekitar 32,5 juta barel minyak per hari, 2,5 juta barel lebih tinggi dari pagu yang ditetapkan musim panas lalu di Wina.

Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan pasokan minyak melebihi permintaan rata-rata 1,3 juta barel per hari dalam enam bulan pertama 2016. Sebelum pertemuan itu, harga minyak dunia naik menjadi sekitar USD50 per barel.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...