Dua Mahasiswa Pertanyakan Jokowi Tak Kena Tilang, Polri: Dia Kan Presiden!
Presiden Joko Widodo naik motor (foto: Okezone)

Dua Mahasiswa Pertanyakan Jokowi Tak Kena Tilang, Polri: Dia Kan Presiden!

Selasa, 14 Jan 2020 | 16:04 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Dua mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia, Eliadi Hulu dan Ruben Saputra Hasiholan Nababan baru-baru ini mengajukan uji materi terhadap Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam gugatan keduanya, baik Eliadi dan Ruben ditilang karena tidak menyalakan lampu utama motor. Mereka pun membandingkan kasus dengan Presiden Joko Widodo yang juga tak menyalakan lampu saat mengendarai motor di Tangerang, Banten, pada 4 November 2018 lalu.

Menanggapi tudingan itu, Karopenmas Mabes Polri Brigjen Argo Yuwono menjelaskan bahwa Jokowi merupakan pengecualian dari undang-undang tersebut. Menurutnya, Jokowi adalah orang nomor satu di Indonesia dan sudah tentu mendapat pengawalan dari polisi.

“Presiden itu orang nomor satu di Indonesia, kemudian kalau kemana-mana pasti ada pengawalan. Namanya orang kita hargai, namanya simbol negara, ini perlu kita hormati,” kata Argo, dilansir dari Suara.com, Selasa (14/01).

Meski demikian, Argo mengapresiasi tindakan Eliadi dan Ruben sebagai bentuk pembelajaran untuk masyarakat luas.

“Ini hal yang bagus. Kalau memang tidak terima dengan undang-undang bisa mengajukan uji materi di MK. Kita tunggu saja bagaimana proses di MK,” katanya.

Sebagai tambahan, Eliadi dan Ruben mengaku keberatan dengan pasal yang mewajibkan pengendara motor untuk menyalakan lampu di siang hari, seperti yang tertuang da;am Pasal 197 Ayat (2) dan Pasal 293 Ayat (2)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...