Dua Partai Pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin Dicoret KPU

Dua Partai Pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin Dicoret KPU Foto:Istimewa

WinNetNews.com-  Dua partai pendukung Jokowi  dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 dihapus Komisi Pemilihan Umum. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, dua partai tersebut adalah  PSI dan Perindo.

"Mencoret 2 parpol sebagai parpol pengusung yang belum mengikuti peserta Pemilu 2014, yaitu PSI dan Perindo," kata petugas penerimaan pendaftaran Karotekmas KPU Nur Syarifah.

Dalam peraturan menyebutkan bahwa yang boleh mengusulkan pasangan capres-cawapres hanya partai yang memiliki kursi parlemen berdasarkan pemilu sebelumnya, yakni tahun 2014, maka nama PSI dan Perindo dicoret dari berkas tersebut.

Setelah itu, berkas pendaftaran Jokowi-Ma'ruf lengkap. Keduanya diminta bersiap mengecek kesehatan di RSPAD pada 12 Agustus 2018.

Jokowi dan Ma'ruf bersama para ketua umum parpol pengusung kemudian diminta berfoto bersama. Mereka tampak berjalan ke arah panggung untuk sesi foto.

 

Komisioner KPU Hasyim Asyari menjelaskan bahwa pencoretan PSI dan Partai Perindo dari berkas partai pengusul mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

Dalam pasal 222 disebutkan jika pasangan capres-cawapres diusulkan oleh parpol atau gabungan parpol peserta pemilu yang memenuhi syarat. Yakni, paling sedikit memiliki 20 persen kursi DPR atau memperoleh 25 persen suara sah nasional pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. 

Meski dicoret sebagai partai pengusul Jokowi-Ma'ruf, PSI dan Perindo tetap bisa memberi dukungan kepada pasangan calon tersebut. Statusnya nanti hanya sebagai partai pendukung