Dua Pendaki Gunung Semeru Ditemukan di Dekat Air Terjun Gunung Boto

Dua Pendaki Gunung Semeru Ditemukan di Dekat Air Terjun Gunung Boto

Rabu, 25 Mei 2016 | 00:12 | Contributor-7

WinNetNews.com - Dua orang pendaki Gunung Semeru yang hilang sejak Jumat (20/5) akhirnya ditemukan. Tim SAR berhasil menemukan kedua korban dalam keadaan selamat sekitar pukul 16.05 sore tadi, Selasa (24/5).

Dua pendaki Gunung Semeru tersebut dilaporkan hilang di puncak Gunung Semeru dengan ketinggian sekitar 3.676 meter dari permukaan laut menuju ke kawasan hutan Tawon Songo Desa/Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Korban ditemukan dalam keadaan lemas di kawasan Gunung Boto, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Rencananya tim SAR Gabungan akan segera melakukan evakuasi kedua korban menuju Tawon Songo.

Kedua pendaki bernama Zirli Gita Ayu Safitri (17) dan Supyadi (27) ditemukan di sekitar air Terjun Gunung Boto. Karena kondisi keduanya yang lemah, tim SAR memberikan asupan nutrisi makanan sebelum dievakuasi turun ke tempat yang aman.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Purwanto, menyebut kemungkinan tim SAR masih akan memulihkan stamina dua survivor yang tersesat itu. Ketika kondisi mereka sudah agak sehat makan akan melanjutkan perjalanan kembali ke Pal B, dan evakuasi menuju Tawon Songo tetap memperhatikan kondisi kesehatan kedua korban.

image0

Pesan yang dikirim Zirli Gita Ayu Savitri (salah satu pendaki Gunung Semeru yang hilang) kepada anggota keluarga

Sebelumnya dikabarkan bahwa Zirli Gita Ayu Savitri (16) menghubungi pihak keluarga melalui ponselnya. Dia mengatakan tengah berada di kawasan air terjun dan meminta keluarga untuk segera menjemputnya.

Sementara itu sebelumnya puluhan personel SAR yang diterjunkan menyisir jalur pendakian dari Ranupane hingga puncak Mahameru. Blank 75, salah satu titik menjadi fokus paling utama pencarian. "Titik pencarian di Blank 75, Watu Besar dan Sumbermani. Tim pencarian juga menyisir jalur pendakian hingga puncak Mahameru," tegas Kepala BB TNBTS John Kennedie terpisah. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...