Dua Warna Dinding Rumah ini Terbukti Bisa Usir Stres dan Depresi
Ilustrasi: HGTV.com

Dua Warna Dinding Rumah ini Terbukti Bisa Usir Stres dan Depresi

Minggu, 15 Des 2019 | 11:08 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Setiap orang tentu memiliki kecenderungan tertentu yang membuat mereka rentan terpapar stres dan depresi. Saat bekerja, beberapa orang ingin lekas pulang agar bisa mengobati stres yang melanda di jam-jam kerja.

Namun bukan hanya istirahat sambil rebahan yang bisa menghilangkan stres. Tanpa kamu sadari, warna dinding di rumah atau tempat tinggalmu ternyata bisa mempengaruhi tingkat stresmu.

Desain interior selama berabad-abad lamanya telah dikaitkan dengan kekuatan psikologis dan dapat menyeimbangkan elemen dan energi di rumah. Sebut saja Fengshui dari Tiongkok yang melakukan pembenahan tata letak barang dan aplikasi warna. Lebih dari itu, warna ternyata juga sudah sejak lama bisa menjadi terapi kesehatan mental.

Warna hijau dan biru paling menenangkan

image0
Ilustrasi: Architectural Digest

Pada tahun 1960an, Madeline Gins dan Shusaku Awakawa, dua seniman sekaligus arsitek, menemukan adanya filosofi Reversible Destiny. Mereka percaya bahwa rumah ideal mampu memberikan efek meditasi dan membuat orang hidup lebih lama.

Studi warna yang dilakukan mengungkap bahwa warna memiliki respon psikologis yang spesifik, seperti misalnya hijau dan biru yang cenderung bisa menurunkan tekanan darah dan memberikan efek menenangkan pada tubuh. Sedangkan merah disebut dapat meningkatkan konsentrasi dan aliran darah.

image1
Ilustrasi: House Beautiful

Psikolog lingkungan dan ketua penelitian, Bonnie Sandborn, menyebut bahwa warna putih tak memiliki banyak efek dan justru lebih sering memicu kebingungan. Jika sudah begini, Bonnie menyarankan warna putih untuk dikombinasikan dengan warna lain yang lebih menenangkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...