Dua WNI Tewas Usai Jembatan Ambrol di Taiwan
Jembatan di Taiwan ambrol, Rabu (2/10). [Foto: Detik]

Dua WNI Tewas Usai Jembatan Ambrol di Taiwan

Rabu, 2 Okt 2019 | 15:04 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Dua dari tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat hilang usai insiden jembatan ambrol di Taiwan, China, ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, Rabu (2/10). Hal tersebut dikatakan Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Judha Nugraha.

"Tim pencarian otoritas Taiwan telah menemukan 2 dari 3 WNI yang hilang. Keduanya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," kata Judha seperti dikutip Detik.com.

Kedua jenazah telah dievakuasi ke RS Veteran di Yilan. Saat ini, otoritas Taiwan masih terus mencari seorang WNI yang hilang. KDEI Taipei terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI untuk mengurus repatriasi jenazah dan hak-hak ketenagakerjaan para korban WNI.

"Keseluruhan korban WNI baik luka maupun meninggal adalah pekerja migran Indonesia yang resmi bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di kapal ikan milik Taiwan," jelasnya.

Insiden jembatan ambrol ini terjadi di kota Nanfang'ao, Yilan, Taiwan, yang terletak sekitar 62 km di utara Taipei pada Selasa (1/10). Jembatan menimpa 3 kapal ikan dan 1 truk minyak.

Sebelumnya, KDEI Taipei telah mendapatkan informasi bahwa ada 4 WNI yang terluka. Bantuan kepada korban luka telah diberikan.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Selasa (1/10), potongan gambar dari rekaman CCTV yang dramatis menunjukkan momen saat jembatan jenis single-arch sepanjang 140 meter ini ambruk dan terbenam ke dalam air. Insiden ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 09.30 waktu setempat.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...