Dubai Bakal Menjadi Kota Empat Dimensi Pertama di Dunia

Dubai Bakal Menjadi Kota Empat Dimensi Pertama di Dunia

DUBAI - Sebuah perusahaan teknologi di Uni Emirat Arab (UEA) Zero Technologies meluncurkan program untuk membuat Dubai sebagai kota empat dimensi pertama di dunia. Julukan kota empat dimensi diberikan kepada Dubai yang menciptakan aplikasi penjelajah kota.

Proyek yang dinamai Dubai 4 Dimension atau disebut D4D itu akan menciptakan replika digital dari Dubai dalam bentuk tiga dimensi. Nantinya, pengguna aplikasi tersebut akan dapat menggunakan aplikasi dimana pun di dunia lewat komputer atau tablet untuk berkeliaran di dalam kota secara real time. Sehingga orang-orang tidak perlu ke Dubai secara langsung namun cukup menggunakan aplikasi itu.

Para pengguna aplikasi juga diperkirakan mampu melihat situasi kehidupan secara langsung para penduduk Dubai. Bahkan termasuk sistem pendidikan dan kesehatannya. Sehingga sensasi menjelajahi kota Dubai itulah yang menjadi daya tarik.

Kepala Zero Technologies, Mohammed al-Mor, merasa Dubai perlu memamerkan kemewahannya untuk seluruh warga di dunia."Sangat menguntungkan untuk menunjukan Dubai kepada dunia. Dubai menawarkan dunia tentang bagaimana seharusnya hidup di masa depan," ujarnya seperti dilansir dari al arabiya.

Menurutnya, pemimpin Dubai sekaligus perdana menteri UEA, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mendukung program tersebut."Dia ingin Dubai menjadi kota tercerdas di dunia dan itulah yang kita coba lakukan," jelasnya.

Al-Mor menjelaskan proyek itu sudah memperoleh dana finansial yang cukup. Namun ia masih membuka kemungkinan jika ada pihak lain yang ingin bekerjasama.

"Saya bisa pastikan kalau proyek ini akan merubah industri digital dan virtual," tuturnya. Ia bahkan menganggap kalau proyeknya akan merubah kehidupan dan pengaturan pemerintahan kota.