Dubes RI Berikan Alasan Mengapa Habib Rizieq Tidak Bisa Pulang

Dubes RI Berikan Alasan Mengapa Habib Rizieq Tidak Bisa Pulang

Rabu, 10 Jul 2019 | 14:02 | Aldina Putri Nst

Winnetnews.com - Mantan Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar sempat menyebutkan bahwa ada portal yang menjadi penghalang kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia. menanggapi hal tersebut, Dubes RI di Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menjelaskan apa yang dimaksud dengan portal penghalang tersebut.

“Pertama, karena overstay. Cara penyelesaian ya bayar denda overstay sekitar 15 sampai dengan 30 ribu riyal. Rp 110 juta per orang,” ujar Maftuh, Rabu (10/7/19).

Sementara mengenai portal yang disampaikan Dahnil, Maftuh beranggapan bahwa pembayaran denda merupakan hal yang lazim bagi seseorang yang telah overstay.

"Puluhan ribu WNA di Saudi yang overstay. Sesuatu yang biasa sebenarnya. Siapa pun harus bayar denda ini. Pernah ada juga akademisi dari sebuah universitas lupa tidak perpanjang visa ya kena denda juga segitu. Aturan baku Saudi," ungkap Maftuh.

"Ada skema 'pulang gratis' sebenarnya, yaitu mengikuti program 'Amnesti Massal' Kerajaan Arab Saudi. Tetapi kami belum tahu kapan program amnesti ini akan dibuka oleh KSA," sambung Maftuh.

Akan tetapi, terkait overstay tersebut, ada faktor hukum yang mengakibatkan seseorang di Saudi tidak bisa kembali lagi ke negaranya.

“Itu pun dengan catatan tidak ada masalah huku, baik perdata maupun pidana, di Saudi,” tambahnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...