Dubes Taiwan untuk Singapura mundur, karena mengemudi sambil mabuk

Dubes Taiwan untuk Singapura mundur, karena mengemudi sambil mabuk

Selasa, 9 Agt 2016 | 17:54 | Rike
WinNetNews.com - Antonio Chiang, seorang diplomat Taiwan yang baru diangkat untuk perwakilan negaranya di Singapura, mengajukan pengunduran dirinya sebelum menduduki jabatan karena melakukan pelanggaran mengemudi saat berada dalam keadaan mabuk.

Pada pernyataan yang ditujukan ke Kantor Berita Taiwan CNA, Chiang mengataakan ia tidak menginginkan kekuasaan dan hanya ingin berkontribusi pada negera."Namun saya meminta maaf karena telah menimbulkan masalah bagi pemerintah, bahkan sebelum saya secara resmi menjalankan tugas saya di Singapura," ucapnya. "Hari ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri kepada Presiden Tsai Ing-wen dan Menteri Luar Negeri David Lee," tambah dia.

Juru bicara Kepresidenan, Alex Huang, mengatakan Presiden Tsai sangat menghormati keputusan Chiang dan pemerintahannya tengah mencari kandidat lain untuk mengisi jabatan itu.Chiang diberhentikan petugas kepolisian Taipei di Jalan Binjiang pada 2 Agustus malam lalu, hanya beberapa jam setelah mengucapkan sumpah untuk jabatan barunya dan menjalani tes "breathalzer" yang menunjukkan kandungan alkohol di dalam darahnya mencapai 0,27 mg/l atau hampir dua kali lipat dari yang diizinkan 0,15 mg/l.

Kejaksaan Distrik Taipei, Senin (8/8),telah memutuskan menangguhkan dakwaan atas perbuatan Chiang yang membahayakan keselamatan umum dan tetap mengenakan denda sebesar 60.000 dolar Taiwan atau 1.906 dolar AS akibat tindakan mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk. Pihak kejaksaan memilih mengenakan denda daripada dakwaan karena Chiang (72) menunjukkan rasa penyesalan dan karena perilakunya tak menyebabkan cedera.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...