(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Duduk Terlalu Lama Dikaitkan Dengan Banyak Penyakit

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Duduk Terlalu Lama Dikaitkan Dengan Banyak Penyakit

 

Wingamers.com - Duduk terlalu lama dikaitkan dengan banyak penyakit. Kali ini sebuah penelitian di Korea Selatan mengaitkan duduk terlalu lama dengan sakit liver. Dalam studi tersebut, peneliti menemukan bahwa orang yang duduk selama 10 jam atau lebih setiap hari memiliki risiko 9 persen lebih besar terkena suatu kondisi yang disebut penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD), dibandingkan mereka yang menghabiskan duduk kurang dari lima jam sehari.

Aktivitas fisik juga memainkan peran dalam risiko NAFLD. Mereka yang aktif secara fisik, 20 persen lebih kurang berisiko mengembangkan penyakit itu dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif, menurut penelitian yang diterbitkan hari ini, 15 September, di Journal of Hepatology.

"Jumlah waktu yang dihabiskan melakukan aktivitas menetap seperti duduk di depan komputer atau menonton TV telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir," ujar Dr. Seungho Ryu, profesor kedokteran kerja dan lingkungan di Kangbuk Samsung Hospital, Korea Selatan, dan penulis utama studi tersebut, seperti dilansir Live Science.

Dalam studi tersebut, para peneliti melihat pada lebih dari 139 ribu pria dan wanita Korea yang melaporkan tingkat aktivitas fisik dan waktu duduk. NAFLD dikonfirmasi menggunakan ultrasound. Rata-rata usia peserta adalah 39,9 tahun. Karena orang-orang dalam penelitian umumnya sehat – pria dan wanita muda dan usia menengah - maka tidak mungkin masalah kesehatan lainnya dapat menjelaskan hubungan antara waktu duduk dan aktivitas fisik dengan NAFLD, kata Ryu.

Studi ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur, bahkan pada intensitas tinggi, tidak sepenuhnya melindungi terhadap risiko yang terkait dengan lama duduk, katanya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});