Duh! Ratusan Napi LP Sorong Kabur
Pendemo merusak fasilitas umum di dekat Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sorong, Senin (19/8/2019). (Foto: CNN Indonesia)

Duh! Ratusan Napi LP Sorong Kabur

Selasa, 20 Agt 2019 | 12:43 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Kerusuhan di Manokwari dan Jayapura, Papua rupanya meluas hingga ke Sorong, Senin (19/8/2019) malam. Bahkan, kericuhan tersebut merembet hingga ke pembakaran Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sorong dan mengakibatkan 258 narapidana (napi) berlarian dan kabur.

Selain ratusan napi kabur, LP Sorong juga mengalami kerusakan paling parah, mencapai 90 persen. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Ade Kusmanto seperti dikutip CNN Indonesia.

"Betul karena provokasi para pendemo dari luar lapas," kata Ade saat dikonfirmasi, Senin (19/8/2019).

Berdasarkan kronologi, para pedemo melempari gedung lapas yang memicu provokasi penghuni lapas. Dari pelemparan itu, kata dia, salah seorang petugas terluka karena menghalangi narapidana yang memaksa ke luar lapas.

"Memicu emosional para narapidana," tuturnya.

Saat ini, terang Ade, kerusuhan sudah mereda. Namun, gedung lapas terbakar dan persoalan sejumlah narapidana melarikan diri masih menjadi tugas yang harus segera diselesaikan.

Berdasarkan keterangan sumber kepolisian kepada CNNIndonesia.com, kebakaran bangunan lapas itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIT.

"Benar Lapas Klas II B Sorong terbakar. Untuk penyebab dan seberapa luas kebakaran itu belum diketahui pasti," ujar sumber tersebut.
Lihat juga: Wali Kota Malang Minta Maaf Terkait Insiden Mahasiswa Papua

Ia memastikan kondisi di lapas saat ini telah kondusif. Namun, sejumlah personel kepolisian masih berjaga di sekitar lokasi. 

Sementara kondisi di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) juga berangsur pulih setelah sempat lumpuh pada siang tadi. 

"Bandara sudah kondusif. Tapi anggota masih berjaga-jaga di sana," katanya. 

Rusuh di Kota Sorong terjadi sekitar pukul 12.00 WIT. Rusuh ini diawali unjuk rasa di depan Bandara DEO. Kemudian, di sejumlah titik massa membakar sejumlah fasilitas umum. Kerusuhan akhirnya merembet ke bandara sekitar pukul 15.00 WIT.
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...