(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Duh Sehat Juga Ternyata Karbohidratnya Umbi Lokal

Rike
Rike

Duh Sehat Juga Ternyata Karbohidratnya Umbi Lokal
WinNetNews.com-Bila dimasak dengan kulitnya, ubi hasilkan lebih banyak serat ketimbang seporsi oatmeal. Kadar indeks glikemik ubi pun lebih rendah dari nasi atau roti.

1.Talas.

Konsumsilah talas yang dapat cegah risiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Talas rebus, tanpa tambahan apapun, bebas dari kolesterol. Selain itu juga, kandungan sodium setiap 132 gram talas hanya 20 miligram atau hanya 1% dari batasan kebutuhan harian tubuh Anda akan sodium. Talas kaya muatan mineral. Secangkir talas memilki kandungan 10% magnesium dan fosfat, serta 13% tembaga yang Anda butuhkan tiap hari.

2. Gembili.

Daging gembili warnanya putih, teksturnya mirip ketela rambat. Tapi rasanya manis, malah mungkin lebih manis daripada ubi madu. Salah satu sumbangan luar biasa umbi ini adalah inulin. Untuk tubuh, inulin dapat merangsang pertumbuhan baik di dalam usus besar, tingkatkan fungsi usus untuk membuang sisa-sisa makanan, tingkatkan produksi vitamin B, dan dongkrak penyerapan kalsium.

3. Singkong.

Sumber karbohidrat terbesar di dunia dan jadi sumber makanan bagi lebih dari 500 juta orang di bumi. Kadar tepung singkong sangat tinggi dan memiliki kandungan kalsium, dietary fiber, zat besi, mangan, potassium, vitamin C dengan jumlah yang signifikan. Sebuah penelitian di Filipina perlihatkan singkong bisa turunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan triglyceride sebab kandungan seratnya yang tinggi.

4. Ubi.

Ubi yang dimasak serta kulitnya bisa menghasilkan lebih banyak serat ketimbang seporsi oatmeal. Kadar indeks glikemik ubi pun lebih rendah ketimbang nasi atau roti. Artinya nih Winners, ubi cukup baik bagi pengidap diabetes yang butuh karbohidrat tetapi rendah gula. Ubi pun memiliki kandungan vitamin C terbaik. Sepotong ubi bisa memenuhi 66% kebutuhan harian vitamin C. Ubi pun gampang dicerna dan kandungan seratnya cukup tinggi dapat cegah sembelit. Kalsium dan potassiumnya bantu meringankan radang perut.

Sumber:menshealth.co.id

Foto: http://bibitbunga.com/

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});