Duh! TikTok Kembali Diterpa Masalah
Aplikasi berbagi video pendek, TikTok kembali diterpa masalah. (Foto: Nikkei Asian Review)

Duh! TikTok Kembali Diterpa Masalah

Jumat, 3 Jul 2020 | 14:40 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Siapa di sini yang sedang tertular virus TikTokan? Ayo ngaku aja deh.. Hehehe... Rupanya kabar tak sedap sedang dialami aplikasi berbagi video berdurasi pendek yang kini tengah populer di kalangan milenial.

Kabar buruk ini bukan baru sekali ya dialami TikTok. Sebelumnya, TikTok juga pernah bermasalah saat salah satu akun Twitter anonim @YourAnonCentral yang mempermasalahkan TikTok melakukan spying atau  tindakan memata-matai para penggunanya.

Atas kasus tersebut, TikTok pun sempat kena blokir oleh pemerintah India.

"Hapus TikTok sekarang, jika kalian tau seseorang yang masih menggunakan aplikasi ini, jelaskan bahwa aplikasi ini berisi malware yang dibuat oleh China untuk melancarkan serangan mata-mata," tulis akun Twitter Anonymous tersebut, seperti dikutip Indozone, Jumat (3/7).

Faktanya, kabar tersebut memang benar adanya. Kala itu, pengguna Reddit telah sukses melakukan revers engineering terhadap aplikasi berbagi video pendek itu. Aplikasi TikTok pun diklaim dapat "mengintip" privasi perangkat pengguna dari tipe CPU, ID Hardware, kapasitas memori, aplikasi yang diunduh, Access Point WiFi, hingga MAC Addres para penggunanya.

Tak berhenti di sejumlah perangkat tersebut. Setelah ditelusuri, TikTok juga merambah aksinya ke ponsel pengguna yang sudah di root atau jailbreak. Kabar tersebut diyakni membuat para pengguna TikTok cemas. 

Hingga kini, TikTok masih belum memberikan respon terkait kabar buruk yang kedua kalinya tersebut. Jika memang TikTok adalah "agen mata-mata" seperti di film-film, tentu pihak ByteDance harus bersedia dihadapkan dengan hukum internasional ya.

Nah, apakah kamu TikTok-ers juga? Tetap waspada ya, Winners. Jangan sampai data privasi kamu kecolongan dan disalahgunakan ya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...