Dukuh Atas Kan Jadi Pusat Pertemuan KA Bandara, MRT, LRT, KRL, dan Busway

Dukuh Atas Kan Jadi Pusat Pertemuan KA Bandara, MRT, LRT, KRL, dan Busway

Rabu, 21 Okt 2015 | 14:17 | Rusmanto

WinNetNews.com - Kawasan Dukuh atas, di Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, akan menjadi pusat pertemuan transportasi massal. Moda transportasi mulai berbasis kereta hingga Bus Rapid Transit (BRT) akan terkoneksi di Dukuh Atas sebagai pusatnya.

Hal ini disampaikan oleh Kapuslitbang Darat dan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sigit Irvansyah, dalam acara diskusi transportasi di Balitbang, Kemenhub, Jakarta, Rabu (21/10/2015)m

"Dukuh Atas, ada pertemuan MRT, trase LRT, TransJakarta, kereta bandara," kata Sigit.

Dukuh Atas menjadi simpul transportasi di pusat Jakarta karena telah memiliki pusat bisnis. Apalagi, jaringan transportasi lama, seperti KRL hingga Bus TransJakarta, telah beroperasi membawa penumpang.

"Yang besar seperti Dukuh Atas karena kawasan komersial sudah terbentuk," ujarnya.

Selain Dukuh Atas, Kemenhub akan merancang beberapa simpul pertemuan antar moda, seperti kereta antar kereta, bus antar kereta atau bus antar bus. Umumnya, kawasan pertemuan antar moda dibangun sejalan dengan pengembangan kawasan komersial dan hunian di dekat pusat transportasi.

Sigit pada kesempatan itu menilai, moda transportasi berbasis kereta akan menjadi tulang punggung transportasi Jabodetabek. Alasannya, kereta memiliki keunggulan kapasitas daripada moda transportasi lain.

"Main backbone (tulang punggung) itu kereta karena daya angkut paling besar dan tidak ada yang bisa mengalahkan," ujarnya.

Untuk angkutan pendukung, Kemenhub akan memfasilitasi pengembangan angkutan feeder. Konsep ini mulai terjalin di Bekasi. Salah satu pengembang properti raksasa di sana, bersedia menyediakan angkutan bus berjadwal atau shuttle bus dari pemukiman ke stasiun atau sebaliknya.

"Summarecon sudah bicara dengan kita. Mereka mau bikin shelter bus berjadwal dari pemukiman stasiun sehingga kendaraan cukup ditaruh di rumah," sebutnya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...