Dukung Kebijakan “One China Policy”, Lay EXO Akhiri Kontrak dengan Samsung Electronics!

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Dukung Kebijakan “One China Policy”, Lay EXO Akhiri Kontrak dengan Samsung Electronics! Foto: Kstarlive

Winnetnews.com - Di tengah semakin banyaknya kontroversi mengenai merek asing yang tidak mematuhi “One China Policy” atau Kebijakan Satu China, Lay EXO dikabarkan telah memutuskan kontrak iklannya dengan perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung.

Saat ini banyak sekali perusahaan asing yang mendapat kecaman dari masyarakat China karena mereka menyebut Hong Kong, Taiwan dan Macau sebagai negara yang independen dan bukan bagian dari China.

Salah satunya adalah brand fashion mewah Versace. Mereka bahkan harus mengungkapkan permintaan maafnya kepada masyarakat China setelah mendaftarkan Hong Kong dan Macau sebagai wilayah independen daripada wilayah China. Karena kontroversi tersebut, aktris Yang Mi telah memutuskan kontraknya dengan brand Versace.

Selain Versace, brand fashion Calvin Klein juga mendapat banyak kritikan karena menyebut Hong Kong sebagai negara independen. Hal itu menyebabkan Lay sempat mendapat banyak kecaman, karena dia masih terikat kontrak dengan perusahaan tersebut.

Pada hari Selasa (13/08), perwakilan dari agensi Lay di China menyatakan bahwa mereka telah mengakhiri kontrak dengan Samsung yang juga dianggap tidak mematuhi kebijakan “One China Policy”. Mereka menjelaskan, “Samsung Electronics, yang sebelumnya memilih Lay sebagai model mereka, tidak memberikan definisi negara dan regional yang jelas pada website mereka. Ketidaktegasan mereka mengenai integritas kedaulatan dan wilayah sangat menyakiti perasaan nasionalis masyarakat China. Kami mengaku sangat menyesal dan menyatakan bahwa kami tidak bisa mentolerir ini,” ungkap perwakilan agensi Lay di China.

One China Policy menentukan perusahaan harus jelas ketika menyangkut kedaulatan China atas wilayahnya, dan situs web global Samsung Electronic gagal memenuhi harapan kebijakan tersebut, yang mengakibatkan pemutusan kontrak Lay dengan perusahaan Korea.

Apa Reaksi Kamu?