Dukung Pariwisata, Pemerintah Akan Kembangkan Bandara Saumlaki

Dukung Pariwisata, Pemerintah Akan Kembangkan Bandara Saumlaki

WinNetNes.com - Pemerintah berencana mengembangkan bandara di Saumlaki, Maluku. Rencana pengembangan bandara di kawasan Indonesia timur dilakukan untuk meningkatkan kapasitas bandara agar bisa didarati pesawat lebih besar seperti sekelas Boeing 737.

Pengembangan bandara di Saumlaki juga dilakukan untuk meningkatkan potensi pariwisata Maluku yang mulai ramai didatangi turis asing.

"Untuk diketahui, daerah sana itu sangat potensi untuk pariwisata. Sekarang Saumlaki itu sudah banyak orang Australia datang meskipun fasilitasnya belum ada. Jadi kita harus konektivitas udara kita perbaiki," terang Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil di sela perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2016, Jakarta Pusat, Minggu (17/4/2016).

Selain itu, pemerintah juga tengah melirik beberapa potensi alam untuk dimaksimalkan lagi pengelolaannya. Hal ini bertujuan untuk mendukung daya tarik bagi turis lokal dan mancanegara serta meningkatkan perekonomian warga Saumlaki.

 

"Terus kemudian mengembangkan potensi lokal yang ada, misalnya ada pertanian, rumput laut, industri yang mendukung dengan potensi lokal," tutur Sofyan.

Pengembangan bandara di Saumlaki dan beberapa daerah lainnya di Maluku dinilai sangat penting. Pengembangan infrastruktur ini akan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Bandara sekarang beberapa tempat sudah ada bandara. Saya pikir bandara yang lebih cepat ya, karena itu lebih cepat untuk melakukan investasi. Ada APBN ada APBD," tutup Sofyan.

Sumber dari detikFinance, Jakarta