Durian "Tak Berduri" Asli NTB, Hanya Ada Satu Pohon
Sumber: Travel Kompas

Durian "Tak Berduri" Asli NTB, Hanya Ada Satu Pohon

Jumat, 28 Jun 2019 | 16:55 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com -  Durian unik asli Nusa Tenggara Barat ini tak memiliki duri-duri tajam pada kulit buah layaknya durian pada umumnya. Kasubbag Tata Usaha Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Maisin mengatakan, durian jenis ini pertama kali ditemukan oleh tim eksplorasi BPSBP NTB.

“Ini kan waktu kegiatan kita eksplorasi tahun 2006-2007 itu. Jadi itu merupakan penemuan dari alam. Kami eksplorasi, kami identifikasi, lalu kami susunkan deskripsinya. Jadi kami dari BPSB ini Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih tahun itu kami eksplorasi kebetulan pohon buah itu sedang berbuah lebat,” ujar Maisin.

Dalam keterangannya kepada Kompas Travel (26/6/2019), pohon durian tersebut ditemukan tumbuh subur di Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Namun sayangnya, hanya ada satu pohon durian Si Gundul yang ditemukan di sana. Durian Si Gundul, durian unik yang tak memiliki duri pada kulitnya.

image0

Maisin mengatakan, jika dilihat dari luar, durian Si Gundul mirip dengan buah sukun, hanya saja tekstur kulitnya lebih keras. Tak hanya bentuknya, besar durian unik ini juga nyaris sebesar buah sukun. “Kalau soal rasanya, mak nyos, legit manis, warnanya kuning. Cuma agak tipis (daging buahnya), jadi kelihatan bijinya,” jelasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...