Skip to main content

E- KTP Tak Kunjung Selesai, JK Beri Penjelasan

E- KTP Tak Kunjung Selesai, JK Beri Penjelasan
E- KTP Tak Kunjung Selesai, JK Beri Penjelasan

WinNetNews.com - Dalam rapat terbatas kemarin, Presiden Joko Widodo meminta e-KTP sebagai identitas kependudukan, benar-benar menjadi sistem kependudukan yang terintegrasi. Lalu, apa sebenarnya yang membuat program e-KTP yang diluncurkan pada Februari 2011 belum selesai hingga kini?

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, program e-KTP ini memang direncanakan selesai dalam waktu 3 tahun. Namun, faktanya memang terdapat berbagai kesulitan sehingga mengakibatkan penyelesaian program ini menjadi terlambat.

"e-KTP inikan rencananya selesai dalam waktu 2-3 tahun. Kemarin dibicarakan 3 tahun yah? Namun masih ada sisa, karena inikan kita negara kepulauan yang jauh-jauh yang tidak mudah mencapai, karena harus ada lengkap peralatan dan sebagainya dan bagaimana menyambungnya," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (29/4/2016).

Tak hanya itu, lanjut JK, adanya masalah hukum dalam program ini juga menghambat penyelesaiannya. Meski demikian, lanjur JK, pemerintah tetap bertekad untuk menyelesaikan program itu secepatnya.

"Tetapi pemerintah bertekad untuk menyelesaikan itu secepatnya yang Rp 30 juta itu sebenarnya. Ini juga karena e-KTP juga ada masalah hukumnya. Ada masalah sekarang ini tersangka," kata JK.

"Jadi secara bersamaan itu harus diperbaiki, dibenahi dan dilaksanakan," tambahnya.

Sumber: Detik

Foto: Liputan 6

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top