E-warung diresmikan Mensos Khofifah serta Menteri BUMN Rini di Surabaya

E-warung diresmikan Mensos Khofifah serta Menteri BUMN Rini di Surabaya

Sabtu, 6 Agt 2016 | 20:22 | Rike
WinNetNews.com-Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa serta Menteri BUMN Rini Soemarno telah meresmikan layanan warung nontunai atau yang disebut e-Warung di Surabaya, Sabtu.

"Dengan adanya e-Warung pemegang kartu bisa menebus bahan-bahan pokok yang telah disubsidi," ucap Khofifah ketika meresmikan warung tersebut. Selain di Surabaya, sebelumnya Kementerian Sosial sudah meresmikan layanan warung nontunai tersebut di lima kota yaitu Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Makassar dan Padang.Khofifah menyebutkan, di e-Warung, satu kilogram gula pasir dapat ditebus dengan harga Rp12.500, sementara harga di pasaran mencapai Rp16.000. Untuk dapat berbelanja di e-Warung peserta Program Keluarga Harapan (PKH) harus memakai kartu "Bisa", yang hanya diberikan bagi keluarga kurang mampu.

Barang-barang pokok yang disubsidi diantaranya minyak goreng, beras, gula dan tepung. Ke depan kartu itu dapat dipakai untuk berbagai keperluan.Warung nontunai di Surabaya tersebut dibina oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam pengembangan teknologi dan sistem penyaluran bantuan sosial nontunai.

Kemensos dan BNI sebelumnya mengujicobakan dan mengoperasikan sistem tersebut secara simultan di Malang, Sidoarjo, dan Mojokerto. Pada kesempatan tersebut, Menteri Sosial dan Menteri BUMN juga mengujicobakan transaksi di e-Warung Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Jagir Berkah yang dikelola oleh Lailatus Syiami yang berada di Kelurahan Jagir, Wonokromo, Surabaya.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...