Edhi Soenarso, Pemahat 'Patung Pancoran' Tutup Usia

Edhi Soenarso, Pemahat 'Patung Pancoran' Tutup Usia

WinNetNews.com - Pematung legendaris Indonesia, Edhi Soenarso tutup usia dalam usia 83 tahun. Semasa hidupnya, Edhi sudah berkarya merancang Patung Dirgantara yang selama ini dikenal sebagai Patung Pancoran serta monumen ternama lainnya.

Edhi meninggal pada Senin (4/1/2016) pukul 23.15 WIB di RS Jogja International Hospital. Kabar duka itu disebarkan oleh Institut Seni Indonesia Jogjakarta lewat akun Facebooknya.

Jenazah akan dimakamkan hari ini, Selasa (5/1/2016). Upacara dimulai pukul 13.00 WIB di rumah duka yang beralamat di desa Nganti Rt 2. Rw 7. Jl. Cempaka No. 72. Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Edhi Sunarso adalah pemahat patung kepercayaan Soekarno yang lahir di Salatiga pada 2 Juli 1932. Almarhum belajar mematung saat menjalani masa-masa sebagai tawanan perang KNIL di Bandung. Dia lalu menempuh jalur pendidikan di ASRI dan Kelabhawa Visva Bharati University Santiniketan, India.

Karya-karya Edhi bisa dilihat di jalan arteri Jakarta. Tiga di antaranya adalah monumen selamat datang yang ada di Bundaran Hotel Indonesia, patung Pembebasan Irian Barat yang ada di Lapangan Banteng, dan patung Dirgantara yang ada di Pancoran. Selain sebagai pematung, ia juga dosen pada Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Selamat jalan, Empu Edhi...

disadur dari situs detik news