Efek Berhenti Minum Alkohol Bagi Tubuh

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Efek Berhenti Minum Alkohol Bagi Tubuh

Wingamers - Berhenti mengonsumsi alkohol bisa jadi sulit. Ada banyak alasan positif mengapa berhenti minum alkohol baik untuk tubuh. Melansir okezone, inilah beberapa manfaat yang dapat Anda harapkan setelah berhenti mengonsumsi alkohol, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Kulit semakin bersih

Dalam beberapa hari, Anda akan melihat kulit Anda terlihat dan terasa lebih berhidrasi dan kenyal. Itu karena alkohol adalah diuretik, yang menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Alkohol juga menurunkan produksi hormon antidiuretik dari tubuh, sehingga air dapat diserap ulang oleh tubuh.

Risiko kanker menurun

Menurut National Cancer Institute, konsumsi alkohol telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker mulut, hati, payudara, usus besar, dan rektum. Risikonya meningkat semakin sering Anda minum.

Tidur lebih nyenyak

Satu penelitian terbaru di jurnal Alcoholism: Clinical & Experimental Research menemukan minum sebelum tidur meningkatkan pola gelombang alfa di otak atau semacam aktivitas otak yang biasanya terjadi ketika Anda terjaga tetapi beristirahat. Hasilnya? Tidur akan terganggu.

Review lain dari 27 studi menemukan bahwa sementara alkohol dapat membantu orang tertidur lebih cepat dan mendalam pada awalnya, kebiasaan jangka panjang bisa menurunkan kualitas tidur Anda.

Anda akan makan lebih sedikit saat makan malam

Terdapat penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition, alkohol adalah salah satu pemicu nafsu makan berlebih. Itu mungkin karena alkohol mempertinggi indra kita, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Obesity.

Peneliti menemukan beberapa wanita yang telah mengonsumsi alkohol sekitar dua minuman makan 30 persen lebih banyak. Bahkan sedikit alkohol bisa meningkatkan aktivitas otak perempuan di hipotalamus, membuat mereka lebih sensitif terhadap bau makanan dan makan lebih banyak.

Berat badan mulai turun

Alkohol memiliki cara licik untuk meningkatkan asupan kalori harian Anda tanpa disadari. Satu margarita mungkin berisi 300 kalori (sebagian besar dari gula) atau lebih. Satu studi menemukan bahwa 433 kalori bisa didapatkan saat pria mengonsumsi alkohol dalam jumlah moderat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});