Efek Buruk Minum Air Dingin Saat Makan

Efek Buruk Minum Air Dingin Saat Makan

Senin, 23 Nov 2015 | 13:40 | Nadia Chevina

WinNetNews.com – Air dingin memang sangat menggoda ketika kita sedang merasa haus dan kepanasan. Terlebih ketika kita sedang makan makanan pedas, minum air dingin bisa menyegarkan kembali tenggorokkan. Tahukah Anda? Di balik kesegaran itu, Anda akan mendapatkan efek yang sangat merugikan bagi kesehatan tubuh?

Melansir Human and Health , faktanya air dengan suhu dingin yang diminum setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan. Selain itu, suhu air yang dingin juga bisa membekukan makanan berminyak yang baru dikonsumsi. Dikatakan bahwa kebiasaan minum air dingin setelah makan ini dapat mempersempit saluran usus dalam perut. Hal ini disebabkan menumpuknya lemak karena keadaan perut yang dingin.

Selain itu meminum air dingin setelah makan dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Karena tubuh harus menyesuaikan suhu air dingin yang masuk kedalam tubuh agar sesuai dengan suhu tubuh. Pada suhu dingin menyebabkan saraf-saraf disekitar mulut, tenggorokan, sampai perut bagian atas menjadi kaget. Kemudian selaput lendir disekitar saraf tersebut akan ikut mengerut dan menyebabkan enzim serta cairan lambung bereaksi.

Efek lain yang bisa ditimbulkan karena selalu meminum air dingin dari dispenser atau dengan menambahkan es batu dapat mengganggu sistem pencernaan. Karena kebiasaan ini dapat membuat kita susah buang air besar. Kesulitan buang air tentu membuat kita merasa tidak nyaman.

Jadi kurangi minum air dingin ya jika ingin sehat..!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...