Efek Minum Air Es Usai Makan yang Sebaiknya Diketahui
ilustrasi

Efek Minum Air Es Usai Makan yang Sebaiknya Diketahui

Jumat, 21 Jun 2019 | 08:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pada siang hari yang terik, minum es setelah makan pasti terasa nikmat dan menyegarkan. Namun, ada yang mengatakan bahwa minum es setelah makan bisa bikin perut beku dan mengganggu sistem pencernaan. Benarkah?

Minum es setelah makan, apa benar bisa bikin perut beku?

Faktanya, tidak ada perbedaan yang terlalu kentara saat Anda mengonsumsi air es setelah makan dengan mengonsumsi air biasa maupun air panas. Bahkan, minum es setelah makan mungkin dapat membuat Anda minum lebih banyak air. Pasalnya menurut American College of Sports Medicine, kebanyakan orang cenderung lebih suka minum air dingin dibandingkan meminumnya saat panas.

Mungkin jika diingat-ingat, ketika Anda minum air hangat, Anda akan cenderung tidak mudah merasa haus. Hal ini dapat membuat Anda lupa untuk minum air, sehingga pada titik tertentu, Anda mungkin saja mengalami dehidrasi.

Selain itu, minum es setelah makan adalah alternatif yang lebih baik dibandingkan minum minuman manis, khususnya jika Anda ingin menjaga berat badan Anda. Alasannya, air es dapat membantu Anda membakar kalori sedikit lebih banyak dibandingkan air mineral biasa maupun minuman manis.

Sebab, saat minum air es, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan temperatur di dalam tubuh. Meski begitu, minum air dingin tidak akan serta merta membuat berat badan Anda turun drastis.

Namun, minum air mineral baik es maupun tidak sudah terbukti dapat memberikan manfaat kesehatan baik fisik maupun mental. Bahkan, The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine menyarankan laki-laki berusia 19 tahun ke atas untuk mengonsumsi 3.7 liter air setiap harinya, sementara wanita berusia 19 tahun ke atas mengonsumsi 2.7 liter air.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...