Efek yang Didapat Bila Anak Ikut Kursus atau Les dari Kecil
ilustrasi

Efek yang Didapat Bila Anak Ikut Kursus atau Les dari Kecil

Minggu, 4 Agt 2019 | 10:45 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setiap orang tua umumnya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya sejak dari kecil. Hal ini bisa diwujudkan dengan mendaftarkan kursus atau les untuk anak.  Ini berguna agar nantinya si kecil punya kemampuan yang memadai dan bisa mengetahui bakat sang anak sejak dini. Namun, apa yang harus diperhatikan sebelum mengikutsertakan anak pada les atau kursus tertentu?

Kapan saat yang tepat mendaftarkan les untuk anak?

Mengikutsertakan anak ke dalam banyak kegiatan di luar jam sekolah diyakini bisa mengasah kemampuan dan bakat si kecil. Entah itu mendaftarkannya ke dalam kursus untuk melatih bakatnya, atau mengajak anak les pelajaran akademik.

Sebenarnya, tidak ada patokan yang jelas kapan waktu yang paling ideal untuk mendaftarkan anak ke dalam kursus atau les. Sah-sah saja jika Anda mengikutsertakan anak kursus sejak kecil,

Akan tetapi, kegiatan tersebut harus disesuaikan dengan kondisi dan usia anak. Jangan memberikan anak kegiatan yang terlalu berat bila usianya masih terlalu dini. Misalnya anak (usia di bawah 6 tahun) yang masih berada di tahap perkembangan kognitif dan motorik. Pada usia tersebut, anak lebih membutuhkan kegiatan bermain.

Maka,  jika ingin mendaftarkan les atau kursus untuk anak di usia tersebut, carilah yang jenis kegiatan  yang mengutamakan pada proses bermain. Misalnya dibandingkan mengajaknya les berhitung, anak lebih baik diajarkan menyusun balok.

Sedangkan apabila anak sudah berusia 6 tahun atau lebih, anak sudah boleh diikutsertakan les pelajaran ataupun memanggil guru pribadi ke rumah. Ini berlaku jika anak terlihat kesulitan dalam belajar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...