Efektifkah Penggunaan Pasta Gigi untuk Hilangkan Komedo?
Foto: dermalogica.com

Efektifkah Penggunaan Pasta Gigi untuk Hilangkan Komedo?

Sabtu, 23 Mei 2020 | 11:00 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Selain jerawat, masalah yang sering terjadi dan menganggu kulit wajah adalah komedo. Di internet, kita sering kali menemukan tips cara-cara menghilangkan komedo, salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Namun, apakah penggunaan pasta gigi efektif untuk membersihkan komedo?

Menurut ahli dermatologi Manjula Jegasothy, M,D., menggunakan pasta gigi dan soda kue untuk menghilangkan komedo adalah cara yang kurang tepat. Pasalnya, kedua produk tersebut dapat merusak kulit dan menyebabkan kekeringan, serta iritasi.

Dikutip dari Cosmopolitan, seorang dokter kulit bersertifikat Schweiger Dermatology Group, Dr Rachel Nazarian MD, FAAD mengatakan, sebaiknya kita menghindari perawatan kulit dengan menggunakan bahan rumahan seperti membuat scrub dengan soda kue atau pasta gigi. Pasalnya, pasta gigi memiliki sejumlah kandungan yang dapat memicu iritasi pada kulit seperti mentol, triklosan, alkohol, peroksida, dan hidrogen.

Oleh karena itu, kita bisa mencoba cara lain yang aman untuk membasmi komedo yang ada di wajah. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan.

Eksfoliasi wajah

Kita bisa melakukan eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, serta menghilangkan komedo. Sebaiknya, eksfoliasi dilakukan satu atau dua minggu sekali. Ingat, jangan melakukan eskfoliasi terlalu sering demi menghindari iritasi wajah.

Menggunakan clay mask

Clay mask dianggap efektif untuk membersihkan pori-pori secara maksimal sehingga dapat mencegah munculnya komedo pada wajah. Kita bisa mengaplikasikan clay mask satu sampai dua kali dalam seminggu. Penggunaannya pun juga harus rutin dilakukan, agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...