(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Eggy Sudjana Laporkan Utang Negara ke KPK

Rusmanto
Rusmanto

Eggy Sudjana Laporkan Utang Negara ke KPK ilustrasi

WinNetNews.com - Eggy Sudjana melaporkan urusan utang negara ke KPK. Dia mengklaim ada indikasi korupsi di balik utang negara tersebut.

"Kita minta KPK, tolong hitung kerugian negara dari Rp 5.250 triliun. Ini besar sekali," ucap Eggy di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (12/12/2018) lalu.

Eggy melaporkan hal itu sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Nasional Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI). Lalu apa alasan Eggy menyebut utang negara sebagai korupsi?

"Karena UU KPK mensyaratkan yang namanya korupsi definisinya itu memuat tiga unsur. Unsur pertama, perbuatan melawan hukum; kedua, memperkaya diri dan/atau orang lain, korporasi, atau kelompok; ketiga, merugikan negara," ucap Eggy.

Dari ketiga unsur itu, menurut Eggy, urusan utang negara sudah memenuhinya. Untuk terlapornya, Eggy menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Kami minta kepada KPK untuk mengatakan kepada Jokowi untuk hentikan utang, karena utang itu membuat rakyat susah," ucap Eggy.

"Kita minta kepada Prabowo sebagai calon presiden untuk berani menegur Jokowi, hentikan utang ini. Kalaupun nanti dia (Prabowo) menang, saya duga dia nggak bisa bayar. Jadi nanti kita disalahin. Hasil kerja Jokowi yang nggak bener, maka bebannya kepada Prabowo," imbuh Eggy.

Sedangkan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengaku belum mengetahui lebih detail soal laporan Eggy tersebut. Dia sedang mengecek laporan itu ke bagian pengaduan masyarakat (dumas).

"Yang pasti begini, semua pihak bisa melapor ke KPK. Nanti sesuai standar yang berlaku, semua laporan akan ditelaah apakah ada korupsi atau tidak ada. Jika ada, akan dilihat apakah kewenangan KPK atau tidak. KPK memastikan laporan-laporan hanya akan melihat aspek hukum. Jadi jika ada pihak-pihak tertentu yang menilai ada persinggungan dengan politik, KPK tentu tidak akan masuk ke ranah politik tersebut," kata Febri saat dimintai konfirmasi hari ini, Senin (17/12/2018).

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "KPK Telaah Laporan Eggy Sudjana soal Korupsi Utang Negara"
 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});