Ekonomi Jakarta Anjlok Akibat Pandemi, Anies: Kuncinya di Kesehatan Masyarakat

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 9 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ekonomi Jakarta Anjlok Akibat Pandemi, Anies: Kuncinya di Kesehatan Masyarakat
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Winnetnews.com -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui turunnya perekonomian di Ibu Kota selama pandemi Covid-19. Menurutnya pangkal permasalahannya adalah interaksi jual beli di masyarakat yang menurun.

"Jadi yang perlu digarisbawahi adalah penyebabnya apa, penyebabnya adalah interaksi berkurang kegiatan transaksi menurun," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Kamis (18/2).

Anies menjelaskan, rendahnya pertumbuhan ekonomi tidak disebabkan dari kesalahan dalam perhitungan maupun menurunnya investasi di Jakarta. 

Ia pun menilai, untuk dapat mengembalikan laju pertumbuhan ekonomi maka kuncinya adalah mengembalikan kesehatan masyarakat.

"Supaya interaksi bertambah warganya harus sehat mengembalikan kondisi ekonomi harus dimulai mengembalikan kondisi kesehatan sehingga orang bisa berinteraksi dan karena itu transaksi berjalan kembali dengan transaksi berjalan kembali semua kegaitan yang memberikan nilai tambah bisa berjalan baik begitu ada nilai tambah maka menghasilkan pertubuhan ekonomi," tuturnya.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta mengumumkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada triwulan IV/2020 terkontraksi atau minus 2,14 persen jikadibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year).

Meski begitu, menurtu Kepala BPS DKI Jakarta Buyung Airlangga, kinerja ekonomi Ibu Kota masih menunjukkan tren peningkatan perekonomian yang relatif baik bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...