Ekonomi RI Tahun Ini Tumbuh 4,9%

Ekonomi RI Tahun Ini Tumbuh 4,9%

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo memprediksi angka pertumbuhan ekonomi di tahun ini akan mencapai 4,9%. Ini dengan asumsi penyerapan APBN hingga akhir tahun bisa mencapai 94%.

"Serapan kita bisa 94%, kalau bisa pertumbuhan ekonomi saya kira bisa berapa 4,9% artinya sudah mulai dasar mulai merangkak naik," jelas Jokowi di hadapan kepala daerah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Untuk menggenjot anggaran tahun depan, Jokowi meminta para kepala daerah untuk segera melakukan lelang proyek dengan cepat. Tujuannya agar anggaran bisa terserap maksimal mulai awal tahun dan ekonomi berjalan.

"Lagu-lagu lama itu tolong kita segera ubah, diganti. Kita sekarang kementerian ini November sudah banyak yang lelang Januari, awal uang muka bisa dikeluarkan. Daerah juga sama jangan sampai terjadi sekarang 4,9%. Jangan sampai pakai lagu lama, bulan Juni-September panas, enam bulan tidak ada peredaran uang," papar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pertumbuhan ekonomi bisa digenjot dengan anggaran negara dan ada pekerjaan. Harus ada perubahan pola-pola lama di pemerintahan agar anggaran bisa digenjot.

Dia mengatakan, para kepala daerah berperan penting untuk memajukan perekonomian negara.

"Saya meyakini apa yang saya sampaikan baik mengubah transparansi, dari konsumsi ke produksi, dari konsumsi ke investasi, dari konsumsi ke industri, saya yakin. Meskipun di awal sulit, meskipun di awal pahit, saya yakin ini akan memberikan sebuah masa depan yang baik bagi negara kita, tentu saja perlu kerja sama gotong royong untuk majukan negara itu," tutur Jokowi.