Ekonominya Melambat, China Turunkan Bunga Acuan Jadi 4,85%

Rusmanto
Senin, 29 Juni 2015 09:02 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 29 Juni 2015 09:02 WIB
Image Ekonominya Melambat, China Turunkan Bunga Acuan Jadi 4,85%

Jakarta -Bank sentral China memangkas tingkat suku bunga acuannya sebanyak 25 basis poin menjadi 4,85%. Ini merupakan penurunan keempat sejak November 2014. Tujuannya agar bunga kredit murah dan mendorong ekonomi yang melambat.

People's Bank of China (PBOC), yang merupakan bank sentral negeri tirai bambu itu, juga memangkas bunga acuan simpanan 25 basis poin menjadi 2%. Demikian pernyataan PBOC dilansir dari CNBC, Senin (29/6/2015).

Sebelumnya pada 10 Mei 2015, PBOC juga menurunkan bunga acuannya 25 basis poin menjadi 5,1%, dan menurunkan bunga acuan simpanan sebanyak 25 basis poin menjadi 2,25%.

Perekonomian China tengah dihantam turunnya sektor properti, pabrik-pabrik yang sudah berlebih kapasitasnya, dan utang dalam negeri. Diperkirakan pertumbuhan ekonomi China turun menjadi sekitar 7% tahun ini, atau yang terendah dalam 25 tahun terakhir. Tahun lalu, ekonomi China hanya tumbuh 7,4%.

Langkah penurunan bunga acuan ini dilakukan setelah pasar saham China turun 20% dalam 2 pekan terakhir. (detik.com)

Maknyoosnya Bakso Rudal kenyal-kenyal
Hobi Baru Anies yaitu Plesiran ke Luar Negeri

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.