Eks Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju Divonis 11 Tahun Penjara

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 12 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Eks Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju Divonis 11 Tahun Penjara
Mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju

Winnetnews.com -  Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menjatuhkan vonus 11 tahun penjara kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju. Selain itu, Robin juga didenda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

"Mengadili, menyatakan Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," ujar hakim ketua, Djuyamto, saat membacakan tuntutan di Pengadilan TIpikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakpus, Rabu (12/1).

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa dengan pidana penjara selama 11 tahun dan pidana denda sebesar Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan," sambung hakim.

Selain Robin, majelis hakim juga menjatuhkan vonis 9 tahun dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan terhadap Maskur Husain dalam kasus yang sama.

Hakim menyatakan Robin dan Masukur terbukti secara sah dan meyakinkan menerima suap dari sejumlah orang,

"Bahwa Stepanus Robin Pattuju dan Maskur Husain telah menerima Rp 11.025.077.000 dan USD 36.000 dari sejumlah pihak, terkait beberapa perkara Tipikor yang sedang diproses hukum KPK," kata hakim anggota Jaini Bashir.

"Bahwa terdakwa Stepanus Robin Pattuju dan Maskur Husain secara bersama-sama menerima uang dari para pemberi. Bahwa Stepanus Robin Pattuju dan Maskur selalu membagi jumlah uang dengan jumlah tertentu. Maka telah nampak dan jelas adanya kerjasama yang erat untuk melakukan tindak pidana," jelas hakim.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...