Ekspor Jepang Anjlok Imbas Ekonomi China

Rusmanto
Rabu, 19 Agustus 2015 11:34 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 19 Agustus 2015 11:34 WIB
Image Ekspor Jepang Anjlok Imbas Ekonomi China

Pertumbuhan ekspor Jepang melambat selama Juli. Kondisi tersebut membuat pertumbuhan ekonomi Jepang terpengaruh.

Ekspor negara itu naik hanya 7,6% dari tahun sebelumnya atau turun dari 9,5% pada Juni, menurut Kementerian Keuangan sebagaimana dikutip Bloomberg. Sedangkan volume ekspor dilaporkan turun 0,7%.

Ekonomi Jepang sulit untuk tumbuh setelah triwulan sebelumnya mengalami kontraksi akibat lemahnya permintaan konsumen. Selain itu, anjloknya ekpor ke level terendah dalam empat tahun juga memberi pukulan tersendiri bagi Jepang.

Pelemahan pertumbuhan ekonomi China juga berlanjut sehingga membuat volume ekspor negara itu ke Jepang sebagai mitra dagang terbesar anjlok hingga bulan keenam, akibat lemahnya permintaan terhadap kendaraan bermotor.

"Tidak ada tanda-tanda akan terjadi peningkatan ekspor. There’s no sign of a pickup in exports,” ujar Atsushi Takeda, Ekonom Itochu Corp.

Menurutnya, ekonomi akan pulih September setelah konsumsi dan belanja modal membaik. Namun, pemulihan kemungkkinan berjalan lambat karena ekspor masih lesu, ujarnya menambahkan. (jk)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Cucu Soeharto, Panji Trihatmodjo Nikahi Wanita Bule Bulan Depan

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.