Ekuador Diguncang Gempa Kembali, Besarnya 6,2 SR

Ekuador Diguncang Gempa Kembali, Besarnya 6,2 SR

Rabu, 20 Apr 2016 | 18:18 | Rike
WinNetNews.com-Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 Skala Richter guncang daerah pesisir Ekuador, hari ini, yang terjadi hanya beberapa hari setelah gempa besar yang guncang negara itu hingga menewaskan hampir 500 orang.

Gempa bumi dirasakan berpusat di 70 km lepas pantai Pasifik di kota Esmeraldas dengan kedalaman gempa 10 km, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, yang tak jauh dari episentrum gempa bumi Sabtu pekan lalu yang berkekuatan 7,8 SR.Institut Geofisika Ekuador mengatakan gempa bumi 6,2 SR ini terjadi pukul 3.33 dini hari waktu setempat ( atau 15.33 WIB) yang diikuti serangkaian gempa susulan. Tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Gempa bumi 7,8 SR Sabtu pekan lalu telah menewaskan setidaknya 480 orang, 107 orang hilang, dan sekitar 4.600 cedera. Ratusan rumah hancur dan jalan-jalan amblas hingga jadi pukulan besar bagi negara di Amerika Selatan anggota OPEC ini yang telah mengalami kesulitan ekonomi itu.

Presiden Rafael Correa mengungkap gempa bumi akhir minggu lalu sudah menciptakan kerugian 2-3 juta dolar AS pada negara yang tergantung minyak itu, dan dapat menurunkan PDB sampai 3 persen.

Pemerintah menyatakan, gempa bumi Sabtu pekan lalu yang adalah gempa paling dahsyat dalam beberapa dekade terakhir, sudah meluluhlantakkan sekitar 1.500 gedung dan memicu longsor. Selain itu memaksa 20.500 orang tidur di penampungan-penampungan.

Di daerah-daerah terpencil, para penyintas berjuang hadapi langkanya air, listrik dan transportasi, kendati bantuan tengah dikirimkan, demikian Reuters.

Sumber:antaranews.com

Foto: http://www.reuters.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...