El Clasico: Menjamu Real Madrid, Valverde Sudah Temukan Komposisi Tim Terbaiknya
Ernesto Valverde (AP Photo/Eugene Hoshiko)

El Clasico: Menjamu Real Madrid, Valverde Sudah Temukan Komposisi Tim Terbaiknya

Rabu, 18 Des 2019 | 10:32 | Muchdi

Winnetnews.com - Hitung mundur El Clasico pertama musim ini sudah berjalan. Barcelona bakal menjamu Real Madrid di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB nanti. Seperti biasa, pertandingan panas ini mencuri perhatian penikmat sepak bola dunia.

Musim nyaris berjalan separuh, Barcelona mulai menemukan performa terbaiknya beberapa pekan terakhir. Perlahan tapi pasti, Ernesto Valverde telah menemukan komposisi tim terbaiknya.

Ketika meladeni Madrid nanti, rasanya Valverde tidak akan mengubah banyak hal. Arthur Melo dan Ousmane Dembele dipastikan cedera dan harus absen, padahal keduanya pernah menghias starting XI Barca beberapa pekan lalu.

Lalu, siapakah 11 pemain yang bakal diturunkan Valverde sejak awal? Menebaknya tidak sulit, seperti yang dijelaskan Sport di bawah ini:

Perjalanan Barca

Di awal musim, Barca harus memaksimalkan skuad mereka, Valverde diminta memutar otak. Bukan hanya karena absennya para penyerang,ketika Lionel Messi dan Luis Suarez cedera  tetapi ada masalah di mana-ana.

Ter Stegen jelas jadi pilihan utama, Neto hanya sebagai pelapis. Di lini belakang, Umtiti punya masalah lutut. Nelson Semedo dan Jordi Alba pun pernah terpaksa menepi karena cedera.

Lini tengah masih mending, Barca punya banyak opsi. Namun, usaha menemukan trio terbaik memakan waktu terlalu lama dari yang diduga. Bahkan Sergio Busquets, yang biasanya tidak tergantikan, telah duduk di bangku cadangan beberapa kali musim ini.

Perubahan

El Clasico seharusnya dimainkan pada 26 Oktober lalu, saat itu kondisi Barca sedang tidak terlalu baik, Madrid pun demikian. Artinya, penundaan ini justru lebih banyak menguntungkan kedua tim.

Seandainya tetap dimainkan pada jadwal yang seharusnya, Semedo jelas bakal terpilih sebagai bek kanan, Arthur di lini tengah, dan Rakitic terabaikan. Dembele masih akan bertarung dengan Griezmann untuk merebut satu slot di lini serang.

image0
Selebrasi Lionel Messi usai menjebol gawang Borussia Dortmund, bersama Antoine Griezmann dan Luis Suarez. © AP Photo

Kendati demikian, dua bulan dan tujuh pertandingan liga berikutnya, ada banyak hal yang berubah. Barca telah memetik lima kemenangan, satu hasil imbang, satu kali kalah.

Penguni beberapa posisi pun berubah, tentu ada beberapa nama yang tidak bisa digoyahkan.

Starting XI Barca?

Berdasarkan perkembangan situasi tersebut, Sport yakin starting XI Barca pada El Clasico nanti tidak akan jauh berbeda dari beberapa pertandingan terakhir. Pertama, Ter Stegen tetap akan jadi nomor satu di bawah mistar Barca.

Lalu tidak ada yang meragukan duet Pique dan Lenglet di jantung pertahanan. Jordi Alba telah kembali, mungkin bakal langsung dipercaya mengisi slot bek kiri. Pertanyaan justru ada di pos bek kanan, apakah Semedo cukup fit untuk bermain atau Sergi Roberto terpaksa ditarik mundur?

Sebagai pemain serbabisa, Roberto jelas bisa diturunkan di lini tengah. Dia sudah pernah memainkan peran itu dalam El Clasico. Namun, Rakitic telah kembali dipercaya, besar kemungkinan dia bakal bermain disamping Busquets dan Frenkie de Jong.

Lini serang barca sudah menemukan kekuatan terbaiknya, Messi-Suarez-Griezmann alias MSG mulai menjalin kombinasi apik. Trisula mematikan ini pasti turun sejak menit awal ketika menghadapi Madrid nanti.

Tentu, kemampuan Messi tidak bisa dibatasi posisi. La Pulga bebas menjelajah wilayah lapangan untuk memecah formasi barisan bek Madrid.

image1
Starting XI terkuat Barcelona pada musim 2019/20. (c) buildlineup.com

Pelapis

Starting XI Barca boleh jadi sudah sangat kuat, tetapi para pemain cadangan juga tidak boleh diabaikan. Barca punya beberapa pemain yang bisa mengubah arah pertandingan saat dimainkan.

Di pos gelandang, ada Arturo Vidal yang menunggu kesempatan. Dia bisa dimainkan untuk merusak tempo permainan. Barca juga masih punya Ansu fati dan Carlez Perez di lini serang, dua pemain muda ini terbukti bisa diandalkan.

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Bola.net dengan judul "Jelang El Clasico, Ernesto Valverde Sudah Temukan Starting XI Terkuat Barcelona"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...