El Nino Semakin Menguat di Bulan September

Rani
Jumat, 04 September 2015 20:52 WIB
Oleh Rani pada Jumat, 04 September 2015 20:52 WIB
Image El Nino Semakin Menguat di Bulan September

wingamers.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta menyatakan, pengaruh El Nino pada musim kemarau tahun ini semakin menguat pada bulan September 2015. Penguatan pengaruh El Nino ditunjukkan dengan naiknya indeks El Nino dari 2,2 pada Agustus 2015 menjadi 2,3 pada September 2015.

Tingkat kekeringan pada musim kemarau tahun ini tak hanya dipengaruhi oleh El Nino, tetapi juga dipengaruhi oleh gangguan cuaca jangka pendek. Yakni fenomena Dipole Mode positif yang mengakibatkan massa uap air dari perairan Indonesia tersedot menuju Afrika Timur. Fenomena ini menjadikan pembentukan curah hujan menjadi semakin kecil.

Sementara itu, indeks El Nino akan mengalami penurunan kembali sekitar bulan Oktober. Akan tetapi hal ini masih memiliki pengaruh terhadap tingkat kekeringan musim kemarau di tahun ini.

Pembentukan awan hujan diperkirakan baru akan mulai terjadi pada bulan November 2015, bersamaan dengan berakhirnya pengaruh El Nino serta fenomena Dipole Mode. (rk)

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Wow…!!! 5 Olahraga Ini Aneh Dan Unik

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.