Embun 'Salju' Diprediksikan Akan Muncul di Jawa Tengah

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Embun 'Salju' Diprediksikan Akan Muncul di Jawa Tengah

Winnetnews.com - Embun es telah diprediksikan akan kembali muncul di Dieng yang terletak di Jawa Tengah besok hari.

“Hari ini di Dieng kembali muncul embun es. Dan untuk prediksi 4 hari ke depan, besok diprediksi akan kembali muncul di Dieng terutama di Komplek Candi Arjuna. Sedangkan tiga hari berikutnya yakni Minggu sampai Selasa tidak muncul,” ujar Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara, Aryadi Darwanto. Jumat (21/6/19).

Hal ini diprediksi berdasarkan melalui aplikasi cuaca di Smartphone yang telah dikondisikan dengan suhu udara di Dieng. Menurut perkiraan, pada hari minggu sampai dengan selasa, Dieng akan tertutup awan atau mendung.

“Perkiraan cuaca hari ini dan besok di Dieng cerah. Sehingga embun es kembali muncul. Sedangkan tiga hari berikutnya berawan,” tambahnya.

“Kalau hari ini cerah, sampai malam biasanya besoknya ada embun es. Suhu udara terus turun mulai petang hingga dini hari,” tambahnya.

Walaupun begitu, ternyata embus es terbilang sulit dipastikan dari jauh hari. Aryadi mengatakan bahwa kunjungan wisatawan meningkat terkait adanya fenomena embun es di Dieng.

“Banyak wisatawan luar kota yang ke sini karena penasaran dengan embun es. Tetapi, tidak mesti bisa melihat embun es, karena memang tidak bisa dipastikan. Hanya satu hari sebelumnya, biasanya bisa dilihat tanda-tandanya,” ujarnya.

Apa Reaksi Kamu?