Emoticon Jadi Password? Aman Gak Nih?
Foto: Daily express

Emoticon Jadi Password? Aman Gak Nih?

Jumat, 12 Mei 2017 | 09:48 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Apakah kamu lebih suka membuka kunci ponsel dengan empat digit PIN polos atau dengan emoji smiley-face? Apakah akan lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk mengingat "????????????????", misalnya, atau "2476"?

Pengguna smartphonebiasanya menggunakan emojis untuk mengekspresikan suasana hati, emosi dan nuansa dalam email dan pesan teks, dan bahkan mengkomunikasikan keseluruhan pesan hanya dengan emojis. Pada tahun 2015, sebuah perusahaan Inggris mencoba menggunakan kode akses emoji sebagai ganti PIN di ATM bank. Tapi tidak ada studi formal tentang betapa mudahnya penggunaannya, atau seberapa amannya dibandingkan metode lain, seperti PIN.

Untuk mempelajari lebih lanjut, di laboratorium dan di dunia nyata, tim peneliti dari Universitas Teknik Berlin, Universitas Ulm dan Universitas Michigan, yang dipimpin oleh kandidat TU Berlin PhD Lydia Kraus, mengembangkan EmojiAuth, sebuah sistem login berbasis emoji untuk Android Smartphone.

Sebagian besar pengguna smartphone membuat layar terkunci dan perlu membukanya beberapa kali dalam sehari. Banyak orang menggunakan PIN numerik, namun penelitian mengatakan bahwa gambar lebih mudah dihafal dan diingat daripada angka atau huruf. PIN juga bisa terdiri dari sejumlah kecil simbol: angka 0 sampai 9. Kata sandi dapat dibuat dari kumpulan karakter yang lebih besar namun sulit untuk mengetik pada ponsel cerdas. Dengan menggunakan emojis, di sisi lain, memungkinkan kita untuk menarik lebih dari 2.500 emoji, dengan passcode yang menjanjikan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...