Empat Alasan Mengapa Plank Sangat Cocok untuk Wanita Workaholic

Amalia Purnama Sari

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Empat Alasan Mengapa Plank Sangat Cocok untuk Wanita Workaholic
Ilustrasi: Best Health Magazine Canada
Winnetnews.com - Perempuan yang bekerja di kantor seringkali terlalu sibuk untuk berolahraga. Jenis wanita karir seperti ini akan sedikit kesulitan meluangkan waktu pergi ke gym atau sekadar jogging keliling kompleks di pagi hari. Bagi wanita dengan jadwal super padat, plank dipercaya sebagai alternatif paling ampuh untuk berolahraga.

Dilansir dari Health.com, plank bisa dikatakan sebagai olahraga inti yang sempurna. Plank juga terbukti efektif untuk merampingkan perut dan menguatkan sejumlah otot-otot tubuh. Bila dilakukan secara rutin dan benar, olahraga ini bisa memberikan manfaat yang maksimal. Berikut ini adalah manfaat plank yang dapat kamu peroleh jika dilakukan secara rutin.

1. Memperbaiki postur tubuh

image0
Ilustrasi: The Pacer Blog

Gerakan plank dapat mempengaruhi otot-otot di area punggung, dada, bahu, leher, dan perut. Dengan memperkuat otot-otot tersebut, posisi bahu dan dada bisa lebih tegak sehingga mmbuat postur tubuh menjadi lebih baik.

2. Mudah dimodifikasi

image1
Ilustrasi: Oxygen Magazine

Gerakan plank bisa terbilang mudah dilakukan. Karena mudah, plank jadi mudah untuk dimodifikasi. Bagi pemula, plank bisa dilakukan dengan menahan tubuh selama 15 menit. begitu terlatih, kita bisa memodifikasi gerakan plank dengan mengangkat satu kaki. Durasi untuk melakukan plank ini bisa disesuaikan dengan tingkat kemampuan.

3. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

image2
Ilustrasi: Verywell Fit

Plank juga berfungsi untuk meregangkan tubuh bagian belakang, khususnya bagian kaki. Menahan plank selama beberapa saat bisa berguna untuk membantu fleksibilitas tubuh. Meregangkan otot-otot yang kaku juga akan membuat tubuh merasa lebih nyaman.

4. Meningkatkan keseimbangan tubuh

image3
Ilustrasi: Insider Guess

Gerakan plank tidak hanya memaksa tubuh untuk regang, namun juga menuntut keseimbangan. Dengan melakukan plank secara rutin, maka kamu secara tidak langsung melatih keseimbangan dan kestabilan tubuhmu.

Olahraga plank bisa dilakukan di rumah dengan bantuan matras. Olahraga ini sangat fleksibel dan tidak memakan banyak waktu karena bisa dilakukan di dalam ruangan tanpa harus pergi ke tempat gym. Ini membuktikan bahwa plank sangat cocok bagi wanita pekerja dengan jadwal super sibuk.

 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...