Empat Fakta Perjalanan Karier Valentino Rossi

Daniel
Daniel

Empat Fakta Perjalanan Karier Valentino Rossi Istimewa

WinNetNews.com - Ketika berbicara mengenai MotoGP biasanya yang langsung terpatri dalam pikiran adalah pembalap asal Italia Valentino Rossi. Rider gaek tersebut memang terkenal akan kesuksesannya di ajang balap motor nomor wahid di dunia.

Selain karena kesuksesannya, Rossi juga dikenal dengan gaya membalapnya yang elegan. Bahkan rider berusia 39 tahun tersebut dinilai begitu cerdas dalam memanfaatkan tikungan untuk menyalip lawan. Julukan The Doctor pun disematkan kepadanya atas kejeniusannya di dunia balap.

Berikut ini adalah fakta seputar perjalanan karier Valentino Rossi yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Memulai Karier pada 1996



    Rossi memulai kariernya di dunia balap profesional tahun 1996. Pada saat itu ia bergabung dengan tim Aprilia dan bertarung di kelas 125cc. Hanya butuh satu tahun sejak debut untuk Rossi meraih gelar juara kelas 125cc.

  2. Juara Dunia MotoGP Pertama Kali



    Sejak berkarier di dunia balap profesional, Rossi baru mendapatkan gelar perdana di kelas tertinggi yaitu pada musim 2001. Pada saat itu MotoGP masih mengunakan motor dengan mesin 500cc. Bersama tim Nastro Azzurro Honda, Rossi merengkuh gelar juara dunia perdana.

  3. Rivalitas dari Generasi ke Generasi



    Tidak lengkap jika membicarakan Rossi tanpa menyinggung siapa saja rival yang pernah ia lawan. The Doctor memiliki sejumlah pesaing yang sengit. Pada kelas 500cc Max Biaggi jadi rival utama Rossi. Padahal keduanya sama-sama dari Italia, namun Biaggi yang memang lebih senior pada saat itu begitu ambisius untuk menjungkalkan Rossi.

    Setelah Biaggi, Rossi pernah juga bersaing ketat dengan rider asal Spanyol Sete Gibernau. Salah satu kejadian paling terkenal yakni ketika keduanya bertubrukan di lap terakhir pada race di sirkuit Jerez. Sejak saat itu hubungan keduanya memanas.

    Jorge Lorenzo bisa jadi merupakan rival terberat Rossi selama kariernya. Mereka bedua bahkan pernah satu tim di Yamaha. Keduanya pernah bersitegang dalam beberapa kesempatan, termasuk pada sesi konferensi pers. Pada 2016 Rossi bahkan menuding Lorenzo bersekongkol dengan Marc Marquez untuk menjatuhkannya.

  4. Tujuh Gelar Juara



    Sepanjang kariernya hingga kini, Rossi sudah mengumpulkan tujuh gelar juara dunia. Ia melakukannya bersama dua pabrikan yakni Yamaha dan Honda. Kendati pernah bergabung dengan Ducati, namun saat itu Rossi tidak sama sekali mendapatkan gelar juara dunia.

    Rossi merengkuh gelar juara dunia pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009. Total tujuh gelarnya menjadikan Rossi pembalap kedua dengan raihan juara dunia terbanyak di kelas MotoGP, di bawah Giacomo Agostini dengan koleksi 8 gelar.

Apa Reaksi Kamu?