Empat Jenis Buah yang Paling diminati Selama Ramadhan

Empat Jenis Buah yang Paling diminati Selama Ramadhan

Senin, 4 Jul 2016 | 20:14 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Selama bulan puasa dan menjelang Idul Fitri tiba ternyata empat sekawan buah-buahan ini menjadi primadona pilihan yang dikonsumsi masyarakat. Ya, Ramadhan dan Idul Fitri identik dengan timun suri, belewah, melon, dan juga nanas.

Jauhari (46) pedagang buah di pasar Ciputat Tangerang Selatan menuturkan, berbagai komoditas buah di bulan puasa mengalami lonjakan permintaan. "Bulan puasa yang laris manis itu timun suri, belewah, sama melon, dan jelang Lebaran nanas pasti tinggi permintaan," ujar Jauhari di Pasar Ciputat, Senin (4/7/2016).

image0

Jauhari mengatakan, tingginya permintaan konsumen terhadap buah musiman didukung oleh pasokan yang aman dan banyak di pasaran. "Alhamdulillah pasokan lancar jadi harga stabil, kalau pasokan macet pasti naik harga, saya aja sampai stok banyak timun suri soalnya laris banget," papar Jauhari.

image1

"Untuk pasokan, dari sentra petani buah-buahan di Jawa, Ngawi, Jember, Tuban, Lamongan, Karawang, Rembang, Cilegon," jelasnya menambahkan.

Sementara itu, buah yang laris menjelang Idul Fitri adalah nanas. Asal tahu saja, nanas menjadi bahan baku isi kue kering nastar lebaran. "Ini kalau H-5 yang laris manis itu nanas, soalnya kan buat isi nastar. Masyarakat suka bikin nastar buat Lebaran. Yang masyarakat suka juga, nanas madu, rasanya manis madu, enak," ungkap Jauhari.

image2

Menurut Jauhari pula, dirinya mampu meraih omzet terbilang lumayan dari berdagang nanas. Saat Lebaran kurang tujuh hari, dia mampu melepas 30 buah nanas per hari ke konsumen. "Kalau H-3, sampai 50 buah sehari," tuturnya.

Lain halnya dengan timun suri. Buah yang selama bulan puasa menjadi salah satu bahan pembuatan es buah itu bisa terjual 25 hingga 30 buah per hari. "Rata-rata penjualan buah sehari bisa tembus Rp 2,5 juta," katanya.

image3

Di samping itu, menurut Jauhari, persaingan usaha buah musiman kian ketat. Pasalnya, banyak pedagang buah-buahan beralih berjualan buah musiman. "Persaingan juga ketat, banyak yang sebelumnya cuma jual melon. Puasa datang, jadi jual timun suri, belewah, dan nanas. Nggak bisa disalahin juga kan tinggi permintaan konsumen, laris manis pokoknya, apalagi banyak yang jual pake mobil kaya tahu bulat," pungkas Jauhari. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...