Empat Tips Mengenakan Lensa Kontak dengan Aman dan Nyaman

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Empat Tips Mengenakan Lensa Kontak dengan Aman dan Nyaman Ilustrasi: All About Visions
Winnetnews.com - Bagi penderita miopia, kondisi membaca tanpa kacamata memang sungguh melelahkan. Kondisi mata rabun seperti ini memang mengharuskanmu untuk selalu mengenakan kacamata. Namun banyak orang enggan mengenakan alat bantu yang satu ini karena dinilai tidak praktis. Sebagai pengganti, para penderita miopia beralih mengenakan lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan.

Lensa kontak saat ini hadir dalam beberapa warna yang membuat penampilan lebih menari. Namun dibalik manfaat dan model-modelnya, kamu harus memeperhatikan beberapa hal penting agar lensa kontak tetap aman digunakan sehari-hari.

Melansir dari Alodokter, berikut adalah beberapa trik yang bisa kamu gunakan agar tetap nyaman dan aman saat mengenakan lensa kontak.

1. Ikuti petunjuk pada kemasan

Ilustrasi: freeimages.co.uk

Lenas kontak yang dijual di pasaran memiliki beragam variasi yang penangannya berbeda-beda. Penting untuk memperhatikan dengan baik setiap petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan. Kamu juga harus mengikuti petunjuk dokter.

2. Menjaga kebersihan lensa kontak

Ilustrasi: Huff Post

Kamu disarankan untuk memberishkan lensa kontak dengan larutan khusus. Lakukan pemeriksaan lensa kontak secara rutin. Hindari pemakaian lensa kontak saat mandi dan berenang. Jangan pernah gunakan lensa kontak saat terdapat kerusakan atau kecacatan.

Apa Reaksi Kamu?