Quality Time Tetap Penting Walau Sudah Punya Anak

Rusmanto
Rusmanto

Quality Time Tetap Penting Walau Sudah Punya Anak ilustrasi

Winnetnews.com -  Pernikahan adalah suatu hal yang akan mengubah kehidupan Anda dan pasangan 180 derajat, terlebih lagi jika Anda sudah punya anak. Anak membutuhkan perhatian yang lebih dari Anda dan pasangan sebagai orang tua, terutama pada tahun-tahun pertama perkembangannya.

Hal ini yang terkadang menyebabkan Anda lupa betapa pentingnya menghabiskan quality time bersama pasangan. Memangnya sepenting apa, ya?

Pentingnya punya quality time bersama pasangan, meski sudah ada anak

Beberapa pasangan mungkin lupa bahwa pondasi terpenting yang membuat pernikahan tetap kuat tidak hanya dengan menjadi orang tua yang baik, tetapi juga fokus menjadi pasangan suami istri yang harmonis.

Keharmonisan ini tentunya sangat penting untuk dijaga dan diseimbangkan dengan kesibukan Anda dan pasangan dalam mengasuh anak, mengatur keuangan keluarga, bahkan rutinitas seperti mengurus rumah.

Sayangnya, sebanyak 92% pasangan mengalami konflik setelah memiliki anak. Setelah bayi berumur 18 bulan, sekitar 1 dari 4 pasangan menunjukkan stres dalam kehidupan pernikahan.

Studi tersebut dilakukan oleh pasangan profesor psikologi di University of California, Philip Cowan, Ph.D. dan istrinya, Carolyn Pape Cowan, Ph.D. Penelitian dilakukan sejak puluhan tahun lalu pada beberapa pasangan sejak masih mengandung hingga mengantar anaknya masuk taman kanak-kanak.

Hasilnya pun cukup jelas: memiliki anak berisiko meningkatkan terjadinya konflik dengan pasangan. Namun, pasangan yang tetap menjaga keharmonisan hubungannya memiliki kehidupan pernikahan yang lebih memuaskan.

Menurut Philip, menjaga hubungan yang berkualitas dengan pasangan dapat membantu masing-masing pasangan merasa lebih baik akan dirinya sendiri, menjadi lebih produktif, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan dalam membesarkan anak.

Ini artinya, pentingnya menjaga quality time Anda dengan pasangan tidak hanya memperbaiki kedekatan dalam hubungan, tetapi juga membantu Anda menjadi orang tua yang bahagia serta efektif dalam mengasuh anak. Anak pun akan tumbuh dengan bahagia apabila orang tuanya memiliki hubungan yang sehat.

Apa Reaksi Kamu?