<em>Traveling</em> dengan Penyandang Disabilitas? Ini Beberapa Tipsnya
ilustrasi

<em>Traveling</em> dengan Penyandang Disabilitas? Ini Beberapa Tipsnya

Minggu, 23 Jun 2019 | 08:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kata siapa penyandang disabilitas tidak dapat melakukan traveling? Orang dengan kebutuhan khusus ini tetap bisa menikmati perjalanan dan mengunjungi tempat yang mereka suka. Hanya saja, diperlukan usaha ekstra agar perjalanan lebih mudah dan menyenangkan. Ini dia tips bepergian dengan penyandang disabilitas.

Tips traveling dengan penyandang disabilitas

Bepergian dengan penyandang disabilitas membutuhkan persiapan ekstra. Kebutuhan yang unik membuat Anda harus dapat menjaga diri sekaligus memastikan kenyamanan dan keamanan orang dengan kondisi tersebut selama perjalanan.

Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, ikuti beberapa tips aman bepergian dengan penyandang disabilitas di bawah ini.

1. Buat rencana bepergian dengan matang

Membuat rencana bepergian sangatlah penting. Terutama jika Anda mengajak orang berkebutuhan khusus.

Anda harus menentukan waktu, tempat, penginapan, hingga akses transportasi menuju tempat yang ingin dikunjungi dengan matang.

Budget yang Anda siapkan juga mungkin akan berbeda. Ada baiknya jika Anda mengalokasikan dana untuk menyewa peralatan pendukung penyandang disabilitas di tempat tujuan jika memang dibutuhkan.

Sebab, menyewa alat di tempat tujuan kadang bisa membuat segalanya lebih praktis sehingga Anda dan seluruh peserta pun akan menjadi lebih nyaman ketika bepergian.

Anda juga mungkin bisa menentukan orang cocok sebagai care taker “cadangan” jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Tujuannya, agar bisa bergantian dengan Anda untuk menjaga orang dengan disabilitas selama melakukan traveling.

2. Pilih destinasi dan transportasi yang tepat

image0

Memilih destinasi wisata tidak hanya berdasarkan keindahannya saja. Anda perlu mempertimbangkan keamanan tempat tujuan bagi si penyandang disabilitas.

Mengunjungi daerah pantai cukup aman untuk orang dengan kebutuhan khusus sehingga bisa dijadikan pilihan.

Sedangkan untuk daerah pegunungan, Anda harus pastikan lebih dahulu bahwa akses untuk ke sana mudah dan medan tempuhnya tidak terlalu ekstrem.

Hindari tempat wisata yang harus melewati sungai dengan jembatan kecil, kontur tanah yang licin, basah, dan terjal.

Anda juga perlu memilih transportasi yang tepat jika ingin bepergian dengan penyandang disabilitas. Sekarang ini sudah tersedia bus yang didesain khusus untuk memudahkan para penyandang disabilitas atau pelayanan pesawat yang mengutamakan orang dengan disabilitas.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi agar lebih fleksibel.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...