Enam Fakta Saat Pemakaman Muhammad Ali

Enam Fakta Saat Pemakaman Muhammad Ali

Sabtu, 11 Jun 2016 | 20:00 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Muhammad Ali ternyata memiliki banyak kenangan tidak hanya saat beliau hidup, melainkan juga saat beliau telah wafat. Petinju legendaris ini dikenal baik tidak hanya dengan orang biasa, bahkan hingga Presiden Barack Obama dan para Artis Amerika Serikat.

Muhammad Ali dimakamkan Jumat (10/6/2016) waktu setempat atau Sabtu (11/6/2016) dini hari WIB. Ia dimakamkan di kota kelahirannya Lousiville, Kentucky, Amerika Serikat.

Jenazah Ali dibawa berkeliling kota Louisville dengan melewati rumah masa kecilnya, Pusat Warisan Budaya Afrika-Amerika hingga Muhammad Ali Boulevard sebelum dimakamkan di Pemakaman Cave Hill.

Pemakaman Ali dilakukan sesuai tuntutan Islam, namun tokoh lintas agama mulai dari Nasrani, Buddha hingga Yahudi turut memberikan eulogi dalam upacara pemakaham Ali.

Saat pemakaman Muhammad Ali, banyak fakta-fakta yang bisa kita, yaitu:

- Mike Tyson, Lennox Lewix hingga Will Smith mendapat kehormatan mengangkat peti jenazah Muhammad Ali.

- Presiden Amerika Serikat Barack Obama tidak bisa menghadiri pemakaman Ali karena harus menghadiri kelulusan putrinya Malia.

- Mantan Presiden Amerika Bill Clinton termasuk salah satu tokoh yang memberikan eulogi di pemakaman Ali.

- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan batal menghadiri pemakaman Ali. Erdogan hanya langsung balik ke negaranya tak lama usai mengikuti salat jenazah. Diduga Erdogan cabut karena kecewa dengan panitia pemakaman Ali.

- Acara memorial untuk Ali digelar di KFC Yum! Louisville. Puluhan ribu orang diperkirakan akan memadati acara memorial tersebut.

- Beberapa tokoh besar yang hadir di acara memorial antara lain Arnold Scwarzenegger, promotor tinju Don King, Sugar Ray Leonard, Lennox Lewis, Evander Holyfield, George Foreman hingga mantan bintang NBA Kareem Abdul-Jabbar

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...