Skip to main content

Enam Makanan ini Wajib Dicicipi Bila Berkunjung Ke Cilacap

Enam Makanan ini Wajib Dicicipi Bila Berkunjung Ke Cilacap
Enam Makanan ini Wajib Dicicipi Bila Berkunjung Ke Cilacap

winGamers.com - Cilacap adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Cilacap merupakan daerah yang merupakan perbatasan langsung antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Jawa Barat. Sehingga Cilacap merupakan daerah pertemuan budaya Jawa Banyumasan dengan budaya Sunda (Priangan Timur). Kabupaten Cilacap merupakan daerah terluas di Jawa Tengah. Cilacap dilalui oleh salah satu sungai terpanjang yang melintasi lima wilayah kabupaten di Jawa Tengah

image0

Cilacap terkenal dengan daerah yang bernama Nusa Kambangan. Nusa Kambangan adalah sebuah pulau tertutup yang didalamnya terdapat lembaga pemasyarakatan Kelas I. Ada beberapa Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I yang masih aktif antara lain: LP Permisan, LP Kembangkuning, LP Batu, dan LP Besi.Banyak nara pidana kelas kakap dieksekusi mati di Pulau Nusa Kambangan ini. Oleh karena itu biasanya jika seseorang ditanya "apa yang mereka ketahui tentang kabupaten Cilacap?", mereka akan menjawab "cilacap tempat eksekusi teroris atau terpidana mati lainnya".

Namun di balik semua itu Cilacap tetap memiliki keunikan tersendiri.Salah satunya adalah kuliner khas Cilacap yang belum banyak diketahui orang. Berikut ini adalah lima kuliner khas Cilacap yang wajib dicicipi bila berkunjung ke daerah tersebut.

1. Brekecek

image1

Brekecek adalah makanan khas Cilacap yang terbuat dari kepala ikan Jahan atau pathak dan bisa juga terbuat dari basur yang dicampur dikecek dengan bumbu khas. Cita rasa brekecek ini hampir menyerupai rasa rica–rica.Brekecek berasal dari kata BREK yang artinya dijatuhkan atau diletakkan, dan KECEK yang artinya dikecek-kecek (dicampur) bumbunya. Brekecek Pathak Jahan dan Brekecek Basur berdasarkan Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor: 556/501/18 Tahun 2014 telah ditetapkan sebagai makanan khas masyarakat Cilacap.

2. Tempe Mendoan

image2

Tempe mendoan sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Jakarta. Di Jakarta sendiri sudah banyak dijual panganan tempe mendoan yang cukup laris-manis dipasaran. Makanan ini terbuat dari tempe bungkus yang tipis dan dibalur dengan tepung terigu yang telah diberi bumbu rempah (ketumbar, kunyit, bawang putih) kemudian di goreng setengah matang. Mendoan lebih enak bila disantap ketika hangat bersama dengan cabe rawit hijau untuk digigit (nyigit dalam istilah setempat). Anda wajib mencicipi pangan tempe mendoan bila berkunjung ke cilacap. Karena cita rasanya tempe mendoan khas Cilacap cukup berbeda dengan janjanan tempe mendoan yang banyak di jual di pinggir jalan kota Jakarta.

3. Lanting

image3

Makanan ini terbuat dari singkong yang di parut dan di bentuk seperti angka delapan atau seperti gelang. Saat ini lanting sudah divariasi sedemikian rupa, sehingga ada lanting dengan rasa keju, pedas dan lain-lain.

4. Tahu Masak

image4

Tahu masak mirip dengan gado-gado. Makanan ini terbuat dari sambel kacang, kubis, kecambah, kupat atau lontong, dan tahu berwarna orange yang iris kotak – kotak. Yang paling khas yaitu dicampur dengan kerupuk banggi yang di remuk dan di taburi di atasnya. Kuliner ini juga sering disebut “kupat tahu”.

5. Gembus

image5

Makanan ini dibuat dari bahan singkong yang di serut kemudian digoreng dengan bentuk menyerupai gelang. Karena hampir menyerupai donat, maka banyak yang menyebutnya dengan "donat jawa". Biasanya makanan ini kerap dijumpai ketika ada acara hiburan di alun-alun atau hajatan wayang kulit, di pasar, dan lain-lain. Sama-sama terbuat dari singkong, namun gembus memiliki tekstur yang lembut berbeda dengan lanting yang teksturnya keras.

6. Kerupuk Tengiri

image6

Karena Cilacap adalah daerah pesisir pantai yang kaya akan hasil laut. Maka ada beragam panganan laut yang diolah disana, salah satunya kerupuk tengiri. Kerupuk tengiri ini bentuknya bulat agak kotak, dan ukurannya sebesar bakso. Biasanya kerupuk tengiri dijadikan buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Cilacap.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top