Enam Terduga Teroris Ditangkap Tim Densus 88 di Batam

Enam Terduga Teroris Ditangkap Tim Densus 88 di Batam

Jumat, 5 Agt 2016 | 18:33 | Zaenal Arifin
Jakarta, Winnetnews.com -  Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri, bersama jajaran Polda Sulawesi Tengah menangkap enam orang terduga teroris di Batam.

"Jumat pagi tadi kami menangkap enam terduga teroris yang tergabung dalam kelompok teroris bernama Kitabah Gonggong Rebus (KGR) di Batam, Kepulauan Riau," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Agus Rianto, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Menurutnya, keenamnya ditangkap di beberapa lokasi yang berlainan. Ia merinci GRD (31), Tar (21) dan ES (35) ditangkap di kawasan Batam Center, TS (46) ditangkap di Nagoya, HGY (20) dan MTS (19) ditangkap di Jalan Brigjen Katamso, Batu Aji, Batam.

Dari hasil penyidikan, kata Agus, GRD sebagai pemimpin kelompok KGR diduga menjadi penerima dan penyalur dana untuk kegiatan radikalisme di Indonesia yang bersumber dari petempur ISIS asal Indonesia, Bahrun Naim. "Ini masih kami selidiki," katanya.

GRD diketahui pernah menampung dua orang Uighur, China yakni D dan A. "D telah dideportasi. Sementara A telah ditangkap pada akhir tahun 2015 lalu di Bekasi, Jawa Barat," katanya.

Selain itu GRD juga memfasilitasi keberangkatan WNI yang hendak berangkat ke Suriah melalui Turki.

Keenamnya kini masih diperiksa secara intensif oleh polisi untuk mengetahui perannya dalam aksi terorisme. "Mereka masih diperiksa intensif. Mudah-mudahan upaya kami bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat," katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...