Enam Tiang Bersejarah di Raudhah yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Rusmanto
Rusmanto

Enam Tiang Bersejarah di Raudhah yang Perlu Diketahui Umat Muslim Raudhah

Winnetnews.com -  Siapa yang belum pernah mendengar Raudhah? Taman Surga di Masjid Nabawi. Lokasinya ada di antara makam Rasulullah SAW dan mimbar dengan luas sekitar 144 meter persegi. Lokasinya ditandai dengan pilar-pilar warna putih berornamen khas.

Namun ada enam pilar atau tiang (usthuwaanah) penting di Raudhah yang perlu diketahui umat muslim. Dengan mengetahui nama-namanya, diharapkan saat berziarah bisa memahami sejarah dan maknanya.

Tiang Siti Aisyah

Usthuwaanah Aisyah terletak di tengah Raudhah. Tiang ini merupakan tiang ketiga dari mimbar dan dinding makam Rasulullah. Untuk mengenalinya, di tiang ini terdapat tulisan dalam bahasa Arab "Usthuwaanah Aisyah". Tiang ini juga disebut usthuwaanah Muhajirin karena awalnya orang-orang Muhajirin tinggal berdekatan dengan tempat ini. Sebutan lainnya usthuwaanah Al-Qur'ah.

Imam Tabrani menyebut Aisyah RA meriwayatkan hadis Rasulullah yang mengatakan, "Ada tempat yang sangat penting di dalam Masjid Nabawi yang mulia, jika seorang mengetahuinya, mereka akan mengadakan undian untuk mendapatkan kesempatan agar bisa salat di sana."

Para sahabat suatu hari bertanya kepada Aisyah tentang tempat ini, namun Aisyah menolak memberitahukannya. Namun para sahabat kemudian memperhatikan Abdullah bin Zubair RA, keponakan Aisyah, yang salat dekat tiang Aisyah. Nabi Muhammaad SAW sendiri pernah mengimami salat dari titik ini selama beberapa hari setelah perubahan kiblat dari Masjidil Aqsa ke Kakbah di Masjidil Haram. Belakangan Nabi mengimami dari titik yang sekarang disebut Mihrab Nabawi Asy-Syarif.

Tiang Taubah

Terletak di antara tiang Aisyah dan tiang As-Sarir (dinding makam Rasulullah). Tiang ini dikenal juga dengan nama tiang Abu Lubabah.

Tiang As-Sarir

Kata As-Sarir berarti tempat tidur. Tiang ini terletak di sebelah timur atau di samping tiang at-Taubah, menempel dengan dinding makam Rasulullah SAW.

Apa Reaksi Kamu?