Enam Tips Mengusir Kantuk Usai Makan Siang Bagi Pekerja Kantoran

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Enam Tips Mengusir Kantuk Usai Makan Siang Bagi Pekerja Kantoran Ilustrasi: Mother Nature Network
Winnetnews.com - Kebanyakan orang akan merasa ‘ngantuk’ setelah makan. Makan siangbagi para pekerja kantoran merupakan momok yang menakutkan karena cenderung bisa mendatangkan kantuk. Rasa kantuk ini sebenarnya adalah respon tubuh terhadap perubahan kimia dalam proses pencernaan. Hal ini normal dan wajar dialami oleh banyak orang. Namun, kondisi ‘nagntuk’ ini tidak baik jika kamu bekerja dikantor. Berikut adalah cara efektif untuk membuang kantuk usai makan siang.

1. Tidur nyenyak saat malam hari

Ilustrasi: Sleepmaker

Tubuh perlu mendapatkan porsi tidur yang sesuai saat malam hari. Untuk mendapatkan waktu tidur ideal, pastikan untuk tidur antara jam tujuh hingga delapan malam setiap harinya. Kebiasaan tidur yang baik ini akan membentuk rutinitas baru dalam tubuh. Kamu juga harus menghindari bangun terlalu pagi karena bisa memicu tubuh kelelahan di sore hari.

2. Cek asupan gula

Ilustrasi: Times of India

Kurangi asupan gula dan lemak yang kamu konsumsi setiap makan siang untuk menghindari energi yang terkuras. Gula di dalam tubuh akan meningkatkan energi untuk sementara, namun lama-kelamaan akan membuat tubuh lebih cepat lelah. Sebagai pengganti, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan.

3. Konsumsi makanan kaya zat besi

Ilustrasi: Style at Life

Zat besi akan membantu meningkatkan produksi hemoglobin di dalam darah. Hemoglobin berguna untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk proses pembentukan energi. Selain itu, zat besi juga berguna sebagai bahan bakar untuk membantu mengatasi kantuk yang datang.

Apa Reaksi Kamu?